Kingston HyperX Fury 16GB USB Bawa Desain Bodi Elegan dan Performa Bagus

WartaIptek.com - Bicara mengenai lini HyperX dari Kingston, Anda mungkin pernah mendengarnya untuk produk SSD dan memory RAM. Selain itu HyperX dikenal sebagai sponsor dari tim eSports Natus Vincere (Na'Vi).

Kingston pun memutuskan juga membawa lini HyperX ke produk USB flash drive. Kingston menawarkan kecepatan read 90 MB/s dan write 30 MB/s. USB flash drive ini tersedia dalam 3 kapasitas yakni 16, 32 dan 64GB dengan interface USB 3.0. Untuk yang diulas di sini memiliki kapasitas 16GB.

Desain Bodi
Paket penjualan dari Kingston HyperX Fury USB drive terlihat sangat sederhana dengan warna hitam yang membawa kesan elegan. Anda dapat melihat informasi berupa kapasitas penyimpanan, perangkat yang kompatibel, serta informasi masa garansi 5 tahun di sudut kanan bawah.

Saat dikeluarkan terlihat memang desain bodinya tidak biasa, namun terlihat garang. Terdapat aksen berwarna merah di permukaan bodinya lengkap dengan informasi kapasitasnya Pada bagian tutup terdapat logo HyperX. Tutup yang dilepas ini dapat dipasangkan di bagian belakang bodi flash drive sehingga Anda dengan mudah dapat mencarinya.

Bahan bodinya menggunakan material karet sehingga dapat menerima cukup benturan saat terjatuh atau terkena percikan air. Secara desain bodi, tampilannya jelas terlihat berbeda dengan USB ftashdrive biasa, dan pastinya menonjol saat Anda meletakkannya pada meja. Kemudian untuk kapasitas efektif yang dapat digunakan adalah 14,6GB.

Pengujian Performa
Untuk mengetahui performanya digunakan 2 kali pengetesan. Yakni menggunakan aplikasi benchmark CrystalDiskMark dan pengujian langsung untuk transfer data.

Dalam aplikasi CrystalDiskMark, kecepatan read yang didapatkan adalah 145 MB/s, sedangkan untuk write adalah 48,61 MB/s saat menggunakan port USB 3.0. Tentunya kecepatan read maupun write ini telah melampaui yang telah diklaim oleh pihak Kingston, yakni 90 MB/s untuk read dan 30 MB/s untuk write.

Lalu dilakukan juga pengetesan menggunakan port USB 2.0. Kecepatan read yang didapatkan adalah 30,32 MB/s dan write 28,56 MB/s. Jauh lebih lambat? Hal ini wajar karena memang pada USB 2.0, kecepatan read maupun write berkisar di angka 30 MB/s. Oleh karena itu tentunya lebih optimal jika flash drive ini digunakan pada port USB 3.0. Kemudian untuk pengujian langsung, digunakan sebuah file video berformat MKV dengan ukuran 8GB. Dilakukan transfer data secara 2 kali, yakni dari USB flash drive ke hardisk (read) dan sebaliknya (write). Untuk kecepatan read rata-rata, yang didapatkan adalah 125 MB/s. Sedangkan untuk write adalah 44,3 MB/s. 

Dalam kondisi nyata memang biasa terdapat penurunan kecepatan, namun perbedaannya tidaklah terlalu banyak dan masih dapat diterima. Secara performa, Kingston HyperX Fury mampu menawarkan kecepatan read dan write yang tinggi, tentunya asalkan digunakan pada port USB 3.0. 

Kingston HyperX Fury 16GB USB telah dipasarkan beberapa waktu lalu dan dibanderol dengan harga sekitar Rp 190.000-an.