Info Baru
Loading...

Ini Dia Mobil Resmi Terkecil di Dunia


WartaIptek.com - Hingga kini mobil buatan pabrik resmi yang terkecil di dunia masih dipegang oleh Peel P50. Dibuat pada tahun 1962-1965 oleh Peel Engineering Company di Isle of Man (negara kecil di Britania Raya), Peel P50 tercatat di Guinness Book of Records sebagai mobil terkecil di dunia. Meskipun tidak memiliki gigi mundur, dengan berat yang sangat ringan mobil ini bisa diangkat dan bermanuver sesuai dengan yang diinginkan si pengemudinya.

Peel P50 dirancang sebagai city car, bisa dinaiki seorang pengemudi yang membawa tas belanja dan hanya memiliki satu pintu di sebelah kiri mobil. Namun, P50 dilengkapi dengan single wiper dan satu lampu depan.

P50 ini menggunakan mesin DKW (Dampf-Kraft-Wagen) atau mesin yang hidup dengan menggunakan uap, berkapasitas 49 cc.

Dengan mesin buatan Jerman, mobil bisa melesat hingga 60 km/jam dan memiliki transmisi manual 3 percepatan. Konsumsi bahan bakar mobil ini sangat irit, untuk menempuh jarak 100 km hanya dibutuhkan 2,8 liter bensin. Saat dibuat, mobil ini pun hanya memiliki 3 warna yaitu putih, merah tua, dan biru tua. Pada tahun 1963, mobil itu pun hanya diproduksi sebanyak 50 unit saja. Tersisa 27 unit saja pada saat sekarang.


Sementara itu, pada tahun 2010, dibuat replika mobil imut ini yang diproduksi oleh Peel Engineering Limited versi baru yang bermarkas di Inggris karena sebelumnya bermarkas di Isle of Man. Mobil replika ini jika dilihat dari luar sama persis dengan mobil yang dibuat sebelumnya pada tahun '60-an. Namun, bagian dalam mobil berbeda sekali dengan mobil sebelumnya terutama di bagian suspensi, setir, dan garden.

Mobil baru ini bisa berjalan menggunakan mesin elektrik dengan kecepatan 16 km/jam. Versi ini hanya sebagai display saja dan tidak memiliki izin untuk turun ke jalan raya. Akan tetapi, pada tahun 2011 dibuat versi mobil ini yang bisa turun ke jalan dan dibuat dua versi yaitu versi bahan bakar bensin dan versi listrik. Warna yang sebelumnya biru tua, diganti dengan biru capri yang sedikit lebih cerah.

Mobil ini diproduksi tepatnya di Sutton di kawasan Ashfield di Inggris dan memiliki harga 1.440 pound sterling. Mobil ini memiliki panjang 1,372 m dan lebar 991 mm, lalu memiliki berat 59 kg. Hingga kini mobil ini masih memegang rekor resmi sebagai mobil terkecil di dunia, tetapi dipatahkan oleh mobil-mobil yang justru bukan dari pabrikan resmi.

Karena mobil ini sangat antik, bahkan di 15 Februari 2013, di rumah lelang di Inggris yaitu di Bruce Weiner RM Auction, satu unit mobil P50 dengan nomor registrasi ARX 37B laku terjual dengan harga 120.0O0 dolar AS atau sekitar 95.000 pound sterling. Pada tahun 2011 seorang pengusaha bernama Gary Hilman dan Faizal Khan mendatangi pabrik mobil kecil ini dan berinvestasi untuk membuat mobil yang dibuat ulang ini semakin berkembang. Mulanya dibuat 3 tipe yaitu tipe Gas, Eco, dan Fun, tetapi akhirnya tipe Fun dihilangkan sehingga yang tersisa hanya tipe Gas dan Eco.

Kecepatan mobil ini pun dibatasi oleh pembuatnya dengan sistem komputerisasi sehingga hanya memiliki kecepatan maksimum 45 km/jam. Namun, jika ingin mobil mungil ini lebih cepat lagi, pembeli bisa menghubungi pihak produksi.

Mobil ini pun kini tetap bisa berjalan bebas di jalanan Inggris, bahkan Amerika pun sudah melegalkan mobil hit dan mungil ini untuk ada di jalanan negara mereka. Peel P50 juga sudah diekspor ke berbagai negara lainnya, di antaranya ke Finlandia.