Info Baru
Loading...

LICECap Bisa Rekam Aktivitas Desktop dan Ubah ke Animasi GIF


WartaIptek.com - Aplikasi untuk membuat animasi GIF memang banyak tersebar di internet, baik yang mengubah gambar atau file video ke bentuk animasi GIF. Tetapi kali ini ada aplikasi pembuat animasi GIF yang terhitung cukup unik, seperti LICEcap.

Yang membuat perbedaan dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk menangkap pergerakan di area desktop dan mengubahnya ke format GIF. Apalagi kemudahan pengoperasiannya cukup mudah dan diklaim pembuatannya tidak lebih dari 2 menit sudah menjadi file GIF dengan berkualitas.

LICEcap memang bisa dikatakan sebagai aplikasi murni serta cukup mudah dan nyaman digunakan pada komputer Windows. Selain itu, aplikasi ini mampu menghasilkan output yang berkualitas tinggi.

Tidak hanya dalam hal format GIF, tetapi juga mendukung format file aslinya sendiri, yaitu .LCF. File jenis ini terdiri dari rasio kompresi jauh lebih tinggi daripada file .GIF dan menghasilkan kualitas animasi yang lebih baik, yaitu dengan komposisi lebih dari 256 warna/frame.

Sebuah file .LCF, mampu menangkap tayangan waktu yang tepat, dapat dimainkan dalam Reaper, yaitu perangkat lunak audio digital workstation dan juga dapat diubah menjadi animasi .GIF atau format video lainnya.

Jadi bisa dikatakan LICEcap adalah sebuah aplikasi yang ideal untuk mengembangkan animasi GIF dan lebih efektif juga mampu menghasilkan kualitas tinggi dengan ukuran file rendah. Selain itu, ini software ini bisa digunakan secara gratis, termasuk source code dari setiap paket download. Bila Anda tertarik dengan aplikasi ini, Anda bisa langsung mengunduh file instalernya di http://www.cockos.com/licecap/

Untuk sistem interface yang digunakannya pun relatif sederhana. Karena saat Anda menjalankan aplikasi ini maka akan tampil sebuah frame dimana Anda bisa melakukan pengaturan dari target yang ingin direkam.

LICEcap memberikan beberapa fitur, diantaranya:
  • Kemampuan menangkap dan langsung mengkonversi ke .GIF atau .LCF.
  • Memungkinkan menangkap layar, bahkan saat melakukan proses rekam.
  • Dapat menghentikan sebentar dan melanjutkan rekaman dengan opsi tambahan untuk memasukkan pesan teks.
  • Memungkinkan user untuk beralih berhenti ketika sedang merekam, dengan menggunakan global hotkey (shift + spasi).
  • Penggunaan memori PC Anda dapat diatur dengan menyesuaikan frame rate untuk perekaman maksimum.
  • Mampu mencatat gerakan mouse, ideal untuk membuat video panduan atau tutorial.


Sekarang mari kita lihat pada panduan sederhana dengan 4 langkah untuk membuat file animasi GIF menggunakan LICEcap.
  • Instal LICEcap dan jalankan aplikasi untuk memulai proses. Buka aplikasi yang aktivitasnya ingin diambil. Selanjutnya, sesuaikan ukuran layar LICEcap agar sesuai dengan area yang ingin diambil.
  • Setelah mendapatkan daerah penangkapan yang tepat, klik pada tombol Record.
  • Ketika Anda mengklik pada Record, layar akan terbuka meminta Anda untuk memasukkan rincian dari file yang Anda ingin simpan, seperti nama file, jenis file, pengaturan animasi seperti judul frame, elapsed time, dan sebagainya. Periksa pilihan untuk file dan klik save. 
  • Segera setelah Anda klik save, LICEcap mulai menangkap semua aktivitas layar. Seperti, misalnya, mengetik, “Licecap is the best ", dan itu bisa ditangkap oleh aplikasi. Akhirnya, klik Stop pada titik mengakhiri animasi. 


0 Response to "LICECap Bisa Rekam Aktivitas Desktop dan Ubah ke Animasi GIF"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.