Info Baru
Loading...

Kehamilan Ektopik Dapat Mengancam Jiwa


Anda sudah pernah mendengar tentang kehamilan ektopik? Hamil ektopik ini secara awam disebut juga sebagai hamil di luar kandungan. Ini adalah kondisi yang terjadi pada seorang calon ibu di mana sel telur yang telah dibuahi oleh sperma tetap berada di saluran tuba falopi, alih-alih berpindah ke rahim. Kondisi ini lumayan sering terjadi. Kira-kira 1 kasus setiap 50 kehamilan. Kondisi hamil ektopik cukup berbahaya dan bisa mengancam jiwa. Selain juga  ancaman keguguran pada janin. 

Adapun ciri-ciri dari hamil ektopik adalah :

Pendarahan per vagina. Pendarahan tidak harus selalu banyak, terkadang hanya flek atau sedikit pendarahan saja. Tapi jika terjadi kondisi seperti ini di awal kehamilan Anda maka Anda tetap harus waspada. Perbanyak istirahat dan segera kunjungi dokter kandungan. 

Mual dan muntah serta pusing yang sangat kuat. Kondisi mual muntah serta pusing adalah kondisi yang wajar saat trimester awal kehamilan. Jadi secara umum ciri-ciri hamil ektopik dengan hamil yang normal nyaris tidak berbeda dari segi ini. 

Nyeri dan kram perut yang kerap terjadi. Sebenarnya kram perut bagian bawah yang terjadi pada trimester pertama kehamilan adalah wajar. Karena saat itu embrio sedang berusaha melekatkan diri ke dinding rahim. Tapi pada kehamilan ektopik nyeri dan kram yang terjadi sangat menyakitkan dan tentu saja tidak ada embrio yang melekat di dinding rahim karena embrio tersebut masih berada di saluran Tuba Falopi. 

Sakit pada pundak dan leher. Terjadi kram pada pundak dan leher atau leher yang terasa sangat kaku saat digerakkan. 

Kapan pemeriksaan sebaiknya dilakukan? Seharusnya, saat awal kehamilan Anda langsung melakukan pemeriksaan ke dokter. Mengingat bahwa embrio mulai terbentuk dan melekat di dinding rahim setelah 4 minggu, jadi pada saat kehamilan memasuki minggu ke 5 hingga ke 6 Anda sudah bisa memeriksakan diri ke dokter. Mengingat kasus hamil di luar rahim cukup tinggi dan berpotensi membahayakan diri Anda sendiri. 

Kehamilan merupakan berkah yang ditunggu oleh setiap pasangan suami istri. Bagaimanapun, Anda tetap harus menjaga kondisi dan waspada terhadap kemungkinan hamil ektopik, agar kondisi kandungan Anda tetap terjaga. 

0 Response to "Kehamilan Ektopik Dapat Mengancam Jiwa"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.