Info Baru
Loading...

Jack St. Clair Kilby, Membuat Microchip dengan Alat Pinjaman

WartaIptek.com - Tidak banyak orang dengan wawasan dan profesionalismenya yang tinggi, mempunyai prestasi yang mampu mengubah dunia. Jack St. Clair Kilby adalah salah satu di antara orang yang jarang tersebut.

Microchip (monolithic integrated circuit) temuan Jack Kilby sekira 58 tahun yang lalu meletakkan dasar konseptual dan teknis bagi berbagai pengembangan elekronika mikro modern masa berikutnya.

Penemuannya itu merupakan terobosan besar yang memungkinkan pengembangan komputer kecepatan tinggi yang canggih dan semi konduktor dengan kapasitas memori yang sangat besar pada era informasi saat ini. Tak hanya itu, penemuan yang membuat transistor dapat menyusut menjadi sebesar blok silikon meratakan jalan untuk pengembangan komputer pribadi, telefon selular dan oven microwave.

Jack St. Clair Kilby lahir pada tahun 1924, dan tumbuh di Great Band, Kansas, Amerika Serikat. Kilby memperoleh gelar BS pada teknik elektro dari University of Illinois dan gelar MS dari University of Wisconsin pada bidang yang sama.

Kilby memulai kariernya pada tahun 1947 dengan bekerja pada Centralab Division of Globe Union Inc. di Milwaukee, dengan mengembangkan ceramic-base, silk-screen circuits untuk produk-produk elektonik rumah tangga.

Pada tahun 1958, Kilby bergabung dengan Texas Instrument (TI) di Dallas. Selama musim panas tahun itu - ketika teman-teman sekerjanya menikmati liburan musim panas - dengan peralatan pinjaman dan seadanya, Kilby menyusun dan membuat rangkaian elektronik pertama yang semua komponen-komponennya aktif dan pasif difabrikasi pada sebuah lempeng tunggal material semikonduktor seukuran setengah penjepit kertas. Keberhasilan demonstrasi microchip sederhana skala laboratorium yang pertama kali pada 12 September 1958 tersebut menggoreskan sejarah bagi dunia elektronika.

Jack Kilby kemudian juga menjadi perintis bagi berbagai penemuan lainnya dalam bidang militer, industri dan aplikasi komersil yang berbasiskan teknologi microchip. Kalkulator dan thermal printer juga merupakan penemuannya sebagai co-inventor.

Pada tahun l970, Kilby cuti dari Ti sebelum resmi pensiun pada tahun 1983. Antara tahun 1978 sampai 1984, Kilby menjabat sebagai Distinguished Professor of Electrical Engineering pada Texas A&M University.

Jack Kilby merupakan penerima dua penghargaan yang paling prestisius dalam bidang ilmu pengetahuan dan enginering. Pada tahun 1970, dalam suatu upacara di Gedung Putih, Kilby menerima National Medal of Science.

Pada tahun 1982, Kilby juga dinobatkan sebagai penemu yang berhak masuk dalam National Inventors Hall of Fame, bersama-sama dengan Henry Ford, Thomas Edison, dan Wright Brothers sebagai bagian dari sejarah penemu Amerika.

Selain itu, Kilby juga pemegang lebih dari 60 hak paten dan penerima berbagai macam penghargaan, di antaranya Franklin Institute's Stuart Ballantine Medal, NAE's Vladimir Zworykin Award, American Society of Mechanical Engineers' Holley Medal, IEEE's Medal of Honor, NAE's Charles Stark Draper. Prize, Cledo Brunetti Award, dan David Sarnoff Award.

Kilby merupakan Fellow of the Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) dan anggota National Academy of Engineering (NAE).

Pada tahun 2000, Jack Kilby menerima hadiah Nobel bidang fisika. Meskipun Jack Kilby dan Texas Instrument merupakan pemegang pertama paten microchip, tetapi rivalnya Bob Noyce lebih terkenal dalam hal produksi massal.
Noyce kemudian juga turut mendirikan Intel hersama dengan Gordon Moore, yang terkenal sebagai pencetus Moore's Law, yang menyatakan, jumlah transistor dalam suatu chip akan menjadi lipat dua setiap 24 bulan.

Temuan Jack Kilby berupa integrated circuit (IC) semula berukuran sekira setengah ukuran penjepit kertas. Kini, dalam ukuran yang sama memungkinkan terdapat 100 juta transistor. Dari sirkuit sederhana pertama tersebut telah berkembang pasar microchip dengan penjualan total 179 miliar dolar AS di seluruh dunia pada tahun 2004, yang mendukung penjualan peralatan eletronik di seluruh dunia senilai 1,186 miliar dolar AS.

Jack St. Clair Kilby meninggal pada tanggal 20 Juni 2005 yang lalu di Dallas dalam usia 81 tahun karena penyakit kanker. Namun Kilby akan tetap dikenang. Ia telah membuktikan, betapa kekuatan satu gagasan telah mampu mengubah dunia.***[Source: Disarikan dari berbagai sumber]

0 Response to "Jack St. Clair Kilby, Membuat Microchip dengan Alat Pinjaman"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.