Info Baru
Loading...

MemoryLifter Membuat Modul Pembelajaran Interaktif Jadi Lebih Mudah

WartaIPTEK.com - Modul pembelajaran yang interaktif tentunya dapat membantu proses pembelajaran sehingga terbentuk suasana yang menyenangkan dan tidak membosankan. Mempelajari sesuatu memang perlu kesabaran dan rutinitas. Adapun kendala yang sering ditemui adalah kebosanan. Untuk menyiasatinya, Anda dapat membuat modul pembelajaran menjadi lebih menarik dan kreatif melalui penggunaan aplikasi. 

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan membuat modul pembelajaran interaktif dan kreatif adalah MemoryLifter. Aplikasi ini memungkinkan Anda membuat modul yang terkelompokkan dalam beberapa chapter dan card yang dapat di-customize, baik suara, video, dan gambarnya. Anda perlu mengunduh file installer-nya di https://download.cnet.com/MemoryLifter/3000-2279_4-10235406.html, yang memiliki ukuran file cukup kecil, yaitu 13,9 MB.


Berikut ini cara membuat modul pembelajaran interaktif dengan MemoryLifter.
  • Download file MLifter Setup dan lakukan instalasi dengn menjalankan file tersebut. Pastikan di komputer (PC) atau laptop Anda telah memiliki/terinstal .NET Framework.
  • Jalankan MemoryLifter. Tentukan lokasi dimana file kerja Anda ditempatkan atau disimpan nantinya. 
  • Selanjutnya, Anda akan mendapati jendela utama MemoryLifter. Terlihat bentuk dari salah satu pertanyaan telah tampil pada jendela sebagai contoh. Klik menu File, New untuk memulai pembuatan modul pembelajaraan yang baru. Tentukan nama modul pembelajaran, kategori, nama pembuat, deksripsi, dan lokasi dimana file akan disimpan. 
  • Seleksi headline dan bahasa yang akan digunakan bagi masing-masing posisi, yaitu pertanyaan dan jawaban tentunya. Pada jendela Manage chapter, Anda dapat menambahkan kelompok dari modul pembelajaran, misalnya dalam berhitung ada operasi penambahan, pengurangan, dan perkalkn. Klik tom-bol New untuk menambahkannya. 
  • Tekan F10, tentukan card modul pembelajaran yang berisikan pertanyaan dan jawaban, serta chapter atas  card tersebut. Anda dapat menambahkan suara, video atau pun gambar ke dalam card. Klik Preview, apabila Anda ingin melihat bentuk tampilan dari card. Simpan dengan mengklik tombol Add Card ataupun klik Yes, setelah tombol Close diklik.
  • Bentuk tampilan dari card yang telah dibuat dapat terlihat pada gambar. Jawaban yang diketik berupa teks dapat bersifat case sensitive ataupun tidak.
Demikianlah 6 cara membuat modul pembelajaran interaktif dengan menggunakan bantuan aplikasi MemoryLifter. Selamat mencoba dan semoga sukses.

0 Response to "MemoryLifter Membuat Modul Pembelajaran Interaktif Jadi Lebih Mudah"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.