Pisang Bermanfaat Atasi Masalah Kerontokan Rambut

Warta IPTEK - Rambut rontok menjadi masalah serius bagi wanita. Pasalnya, jika didiamkan bisa membuat rambut terlihat tipis bahkan mengalami kebotakan. Namun terkadang sudah melakukan perawatan mahal untuk rambut tetapi masalah rambut rontok tidak hilang juga. Pisang adalah salah satu makanan yang bisa mengatasi kerontokan karena banyak mengandung kalium, vitamin dan mineral. Benarkah demikian?

Rambut merupakan mahkota wanita yang sering mendapatkan perawatan ekstra menggunakan produk-produk yang mahal. Namun tak jarang salah menggunakan produk membuat rambut menjadi rontok. Terlalu sering menggunakan hairdryer, alat catokan, pengeriting rambut dan lain-lain juga menyebabkan rambut menjadi rontok. Faktor keturunan, meningkatnya hormon, tingginya tingkat pekerjaan sehingga menjadi stres juga menyebabkan kerontokan dari dalam atau internal.


Kerontokan masih dikatakan normal, jika rambut rontok sekitar 50-100 helai per hari. Jika melebihi angka tersebut rambut memang memerlukan perhatian khusus agar kerontokan tidak bertambah. Banyak cara dapat dilakukan untuk menghindari kerontokan seperti perawatan khusus menggunakan sampo, kondisioner, dan hair tonic yang berfungsi untuk melancarkan kelenjar darah di kulit kepala sehingga mempercepat pertumbuhan rambut baru. Mengubah pola makan dengan makan makanan bergizi seperti sayur-sayuran hijau, buah-buahan segar, dan mengurangi makanan instan, juga bisa mengurangi kerontokan rambut.

Pisang
Pisang adalah salah satu bahan makanan yang dapat mengurangi kerontokan rambut. Kandungan kalium dan asam folat yang melimpah di dalamnya membuat buah berwarna kuning ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Pisang dapat membantu mengatasi rambut rontok karena mengandung zat besi dan zinc yang bermanfaat untuk menguatkan akar rambut. Kandungan kalium dalam buah pisang ini juga mampu melembutkan rambut kasar.


Selain dapat mengatasi kerontokan rambut, karena pisang juga mengandung vitamin A dan karbohidrat maka pisang merupakan camilan yang menyehatkan, serta melancarkan buang air besar. Kandungan asam folat baik untuk pertumbuhan janin, sedangkan zat peredam asam lambung dapat meredakan sakit maag.

Dengan makan dua buah pisang setiap hari maka mampu mengurangi kerontokan rambut. Namun hal tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengurangi rambut rontok. Oleh sebab itu selain dikonsumsi langsung, sebaiknya buah pisang juga dapat dijadikan masker pisang. Caranya cukup mudah yaitu dengan menghaluskan dua buah pisang dengan blender hingga halus. Selanjutnya ditambahkan 2 sdm madu, dua sdm minyak zaitun, dan 2 sdm susu, campurkan semua bahan dan aduk hingga rata.

Ketika semua bahan sudah tercampur rata, maka masker pisang dioleskan ke seluruh rambut sembari rambut kepala dan kulit kepala dipijat ringan untuk membantu penyerapan pada kulit kepala. Tahap berikutnya bungkus rambut dengan shower cap atau handuk selama 20-30 menit. Lakukan perawatan ini minimal seminggu sekali hingga rambut rontok perlahan-lahan berkurang. Biasanya jika dilakukan rutin maka dalam waktu kurang dari tiga bulan masalah rambut rontok berkurang.
Rambut Rontok
Pisang hanya dapat digunakan untuk perawatan misalnya dalam treatment creambath ataupun hair spa, tetapi bukan menyembuhkan masalah kerontokan rambut. Mengenai mengatasi masalah rambut, prosesnya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan mengatasi masalah kulit. Rambut memiliki tiga fase dalam pertumbuhannya dan bila sedikit saja mengalami masalah maka rambut akan menjadi rapuh dan rontok.

Sejauh ini belum ada penelitian secara medis dan klinis yang memastikan bahwa treatment-treatment seperti creambath ataupun hair spa yang menggunakan berbagai krim termasuk pisang, yang dilakukan di salon kecantikan bisa mengatasi masalah kerontokan rambut. Tinggal di iklim tropis seperti Indonesia yang panas membuat kelenjar minyak dalam kulit kepala meningkat sehingga kulit kepala terasa berminyak, lembab, dan rambut terasa kering. Oleh karena itu, treatment creambath sebenarnya digunakan untuk melembabkan kulit kepala dengan penanganan yang tepat.

Selama ini banyak salon kecantikan yang salah melakukan creambath dengan penekanan-penekanan yang sangat kencang di kulit kepala. Hal tersebut justru membuat akar rambut menjadi tegang dan menjadi rontok. Karena itu sebaiknya penggunaan creambath atau hair spa dengan berbagai krim tersebut dapat dilakukan dengan pemijatan ringan di kulit kepala agar krim yang diberikan meresap ke kulit kepala.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Pisang Bermanfaat Atasi Masalah Kerontokan Rambut"

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://rahma-store.com/acne-gel-ms-glow-by-skincare/

    ReplyDelete

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.