Cara Mudah Koneksikan Dua PC

WartaIPTEK.com - Banyak manfaat saat kita mengkoneksikan dua PC, dimana Anda bisa melakukan transfer file dengan cepat dan mudah. Disini kita akan memanfaatkan fitur homegroup pada Windows 7 yang nantiny akan memudahkan user untuk bisa mengkomunikasikan antara dua PC.

Untuk mengawali penggunaan fitur Homegroup perlu membuatnya terlebih dahulu. Pada PC desktop ketik homegroup pada box search pada Start Menu, lalu tekan Enter.


Pada jendela pop up yang muncul di layar monitor silakan klik tombol bernama "Create a homegroup".


Pada layar selanjutnya pilihlah apa yang Anda inginkan untuk sharing/berbagi dengan komputer lain di homegroup tersebut dan tekanlah "Next".


Selanjutnya Homegroup akan dibuat dan password akan dibutuhkan bila komputer lain ingin bergabung.


Tunggulah beberapa saat hingga proses sharing libraries dari Homegroup selesai. Dibawah item Share libraries and printers akan berwarna abu-abu dan tunggu sampai selesai.


Saat melakukan pembuatan Homegroup, Anda pasti diberikan password bawaan. Anda pasti bisa tetap menggunakan password Windows untuk Homegroup atau bisa mengubahnya untuk sesuatu yang lebih mudah diingat. Klik "Change the Password".


Pada layar selanjuttnya ketiklah password/kata sandi yang ingin Anda pakai, lalu klik Next.


Anda akan mendapatkan layar pemberitahuan bahwa perubahan berhasil, klik Finish.


Menggabungkan PC
Setelah memiliki Homegroup, saatnya untuk menggabungkan dengan komputer lain. Pada PC/laptop klik pada Start dan ketik homegroup ke dalam kotak pencarian dan tekan Enter.

Pada layar berikutnya Anda akan melihat deskripsi dari Homegroup kami hanya diciptakan. Klik tombol "Join Now".

Untuk memutuskan apa yang harus di-share pada PC/laptop dengan Homegroup dan klik Next. Ketik password untuk bergabung dengan Homegroup dan klik Next.

Disitu akan tersedia sambungan jaringan yang dibuat dan masukkan sandi yang benar. Maka akan terdapat layar yang menunjukkan penggabungan berhasil.

Sekarang Anda dapat membuka Windows Explorer dan harus melihat Homegroup hanya bergabung di Jendela Navigasi dan dapat sharing file, folder, dan printer.

Juga pada laptop, jika Anda periksa ke Start, Devices and Printers.

Di sana anda akan melihat printer terhubung ke desktop dan dapat diatur sebagai printer default.

Adanya fitur Homegroup di Windows 7 membuat cara untuk sharing file dan printer sangat mudah. Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Mudah Koneksikan Dua PC"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.