Info Baru
Loading...

6 Hewan Peliharaan Tak Biasa yang Bisa Dipertimbangkan untuk Dipelihara

WartaIPTEK.com - Salah satu perlakuan terbaik pada hewan adalah mengasihi mereka sebagai hewan peliharaan. Anjing atau kucing adalah hewan yang umum dijadikan peliharaan di rumah. Selain itu, ada juga burung, ikan, atau jenis reptil. Yang harus Anda pastikan terlebih dahulu adalah hewan itu tidak termasuk hewan langka atau yang dilindungi. 

Nah, berikut beberapa hewan tak biasa yang bisa Anda pertimbangkan untuk dipelihara. Jangan khawatir, mereka cukup jinak untuk menemani Anda di rumah. Seperti yang disadur dari laman Animal Planet berikut ini.


Capybara
Pernahkah mendengar jenis hewan ini? Capybara masih satu kelompok dengan guinea pig, asli dari Amerika Selatan, dan menjadi binatang rodensia terbesar di dunia. Saat dewasa, tubuhnya dapat mencapai ukuran 1,2 meter dan beratnya mencapai 45 kilogram. Capybara jarang dijadikan hewan peliharaan, tetapi seekor capybara bernama Caplin Rous memikat hati warganet. Pemiliknya, Melanie Typaldos yang tinggal di Buda, Texas, yang mempopulerkan capybara untuk dipelihara.   
  


Belalang 
Kelompok serangga adalah hewan dengan populasi terbesar di dunia. Ini membuat jenis mereka begitu banyak. Jika Anda pernah menonton film "Kung Fu Panda", salah satu karakter jagoan dari kuil tersebut adalah seekor belalang. Belalang adalah salah satu jenis serangga. Menjadikan belalang sebagai peliharaan sangat disarankan terutama untuk anak-anak usia pelajar. Merawatnya tak sulit dan tak banyak risiko yang ditimbulkannya.



Landak Mini
Harus dibedakan antara porcupine (landak) dan hedgehog (landak mini). Tentu saja landak mini lebih kecil daripada porcupine. Dikenal dengan bulu jarumnya yang dapat dijadikan alat pertahanan diri, landak sebetulnya hewan peliharaan yang jinak dan perawatannya mudah. Landak mini liar memakan serangga, namun dapat juga memakan makanan khusus yang bisa dibeli di petshop. Namun, untuk beberapa area, memelihara landak mini adalah ilegal. Sebaiknya Anda memeriksa terlebih dahulu sebelum memutuskan mengadopsi landak mini ke dalam rumah.



Rubah Fennec 
Rubah bukanlah hewan peliharaan terbaik, tapi rubah fennec bisa jadi pengecualian. Selain tampangnya yang imut, ukuran tubuh mereka sangat mungil, lebih kecil dan kucing, juga pandai. Anda bahkan dapat melatih mereka untuk buang air atau melakukan beberapa kegiatan lain. Rubah kecil ini dikenal ceria, memiliki banyak kemahiran, serta tak berbahaya untuk area publik Saat tumbuh dewasa, mereka tak jauh beda dengan anjing chihuahua.



Spotted Genet 
Mamalia lainnya yang menarik untuk dijadikan peliharaan adalah jenis genet. Spotted genet salah satunya. Asli dari Benua Afrika, hewan ini seperti percampuran antara musang, kucing, dan rakun. Sebagai peliharaan eksotik, merawat genet bisa jadi suatu kebanggaan. Jika wilayah Anda membolehkan memelihara genet, pastikan ia menjadi satu-satunya hewan peliharaan di rumah. Karakter genet begitu independen, aktif, dan lincah. Oleh karerta itu, bisa saja ia tak begitu cocok dengan hewan peliharaan lainnya dalam satu rumah. [Sumber: Eva Fahas/PRM/15/X/2017]

0 Response to "6 Hewan Peliharaan Tak Biasa yang Bisa Dipertimbangkan untuk Dipelihara"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.