iklan space 728x90px

scribd.com, Situs Jejaring Sosial Berbagi File Dokumen

WartaIPTEK.com - Situs jejaring sosial membawa kesia-siaan? Tidak semua. Ada situs jejaring sosial yang benar-benar merupakan jendela ilmu, karena karakteristiknya yang berbeda. Situs yang akan dibahas kali ini adalah situs jejaring sosial untuk berbagi tulisan.

Situs ini adalah Scribd yang beralamat di scribd.com. Scribd merupakan situs web sharing file (berbagi dokumen) dimana pengguna yang sudah teregistrasi bisa meng-upload dokumennya dengan beragam format dan menyimpan/save dokumen-dokumen mereka ke situs itu dalam bentuk iPaper. Saat ini Scribd sudah memiliki lebih dari 50.000 user dan lebih dari 50.000 dokumen diposting setiap harinya.



Apaan sih iPaper itu? iPaper adalah format dokumen serupa dengan PDF yang khusus dibuat untuk web, di mana seorang pengguna bisa menempelkan document tersebut ke sebuah halaman web. Seluruh format dokumen yang sudah Anda kenal dapat disimpan sebagai format iPaper seperti doc miliknya Word, presentasi PowerPoint, PDF,OpenOffice,dan PostScript.

Untuk menjadi anggota di Scribd, caranya semudah jadi anggota di situs jejaring sosial lainnya. Anda kudu punya email dan mendaftarnya. Jika sudah, Anda bisa login ke Scribd.

Di Scribd, Anda bisa mengupload tulisan, mengomentari, mengunduh, memasukkan sebagai bacaan favorit, melakukan embed tulisan dan masih banyak lagi. Sebuah aktivitas mengasyikkan dibanding hanya dengan mengumpulkan teman kayak di situs jejaring sosial lainnya.

Tulisan apa saja yang terdapat di Scribd? Banyak. Ada buku ilmiah, jurnal, buku pelajaran, soal ujian nasional, buku agama, makalah, file presentasi, laporan, skripsi, laporan tugas akhir,dan sebagainya.

Berbagai artikel yang susah untuk didapatkan bisa saling request antar sesama member. Ada fasilitas juga untuk membuat grup untuk para penulis yang memiliki ketertarikan yang sama.

Nah, silakan cari-cari dokumen yang banyak di Scribd!
Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "scribd.com, Situs Jejaring Sosial Berbagi File Dokumen"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.