Avidemux, Utilitas Lengkap Encoding Video

WartaIPTEK.com - Avidemux merupakan sebuah software berbasiskan  OS Windows yang didesain guna membantu Anda mengedit file video dengan cara termudah. Jadi, jika Anda ingin membuat beberapa penyesuaian kecil di video buatan sendiri. Anda tidak perlu coba software yang berukuran besar dan kompleks. Anda dapat menggunakan tool kecil ini dengan cara yang hampir semua pengguna umum bisa menjalankannya.

Setelah proses instalasi yang cepat, Anda dapat melihat seberapa mudah user interface Avidemux. Tampilan GUI diisi dengan beberapa menu dan beberapa kontrol untuk playback. Bagi yang sudah terbiasa dengan ini sangat cepat beradaptasi, pengguna berpengalaman akan cepat menguasai perangkat lunak ini. Suatu kali Anda membuka file video untuk pengeditan, Anda dapat memotong dengan menunjuk part seleksi dan menekan “Delete” pada keyboard Anda (Anda bahkan dapat memotong bar hitam pada bagian atas dan bawah), atau re-encode dengan memilih output format file dari drop-down list.


Kelebihannya, Avidemux tidak hanya menunjang berbagai format video, seperti MPEG, FLV, dan AVI, namun pula untuk format audio, seperti OGG, WAV, dan MP3. Kecuali itu, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari pilihan decoder, seperti tool encoding, filter, konfigurasi frame rate, editor subtitle, dan banyak lagi yang lainnya.

Tentu saja, seperti aplikasi lainnya, Avidemux hadir dengan beberapa downside sendiri. Misalnya, program ini tidak memiliki bantuan built-in Help yang bisa sangat mengganggu bagi pengguna pertama kali, dan pada beberapa freeze dan crash.

Kenyataannya Avidemux mempunyai berbagai kemampuan lebih dibandingkan ukurannya dan sebagian besar pengguna pasti senang dengan hal ini.
  • Setelah Anda install, tampilan perangkat akan membawa sisi yang minimalis dan sederhana.
  • Saat Anda menggunakan file format MKV. Perangkat perlu duster beberapa detik dahulu.
  • Setelah file terbuka, Anda bisa melihat file terbuka dengan mulus tanpa lagging.
  • Anda harus memilih video output, disarankan memilih AVC(x264) untuk memperoleh hasil yang terbaik.
  • Untuk konfigurasi lebih lanjut sebaiknya Anda memulai dengan sesuatu yang default. Sebaiknya jangan merubah apapun jika Anda tidak terbiasa dengan ini.
  • Frame pada bagian ini berkenaan dengan Frame Coding yang akan dicapai, sangat berpengaruh pada output video.
  • Saat Anda memilih filter, memang begitu banyak yang bisa Anda lakukan dengan banyak kategori tersebut.
  • Audio filter, tidak memuat banyak pengaturan. Hanya frame rate untuk output untuk TV Anda.
  • Pada bagian ini Anda tidak perlu merubah karena kompresi utama sudah ditangani pada konfigurasi Video Output.
  • Kontrol menu bisa Anda akses dari toolbar. Tentu ini juga maping shotkey.
  • Shortkey yang lebih lengkap bisa Anda akses dari View>Toolbar.
  • Setelah semua data pendukung lengkap, Anda bisa mulai encoding dengan klik Save Video. Lama tidaknya proses tergantung pada spek PC Anda.
Jika Anda ingin menjajal software yang satu ini, silakan unduh Avidemux di alamat URL berikut ini https://sourceforge.net/projects/avidemux/

0 Response to "Avidemux, Utilitas Lengkap Encoding Video"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.