Info Baru
Loading...

3 Cara Memperbaiki File Dokumen Excel yang Rusak

WartaIPTEK.com - Ketika Anda menggunakan versi Excel yang lawas, seperti misalnya Excel 2003, workbook akan menyimpan dokumen dalam format XLS. Lalu jika Anda membuka file tersebut dalam Excel versi baru seperti 2010 dan 2013, maka file akan dibuka dalam mode Compability.



Alasan mengapa hal tersebut dilakukan adalah formatting atau layout dari Excel 2003 tidak kompatibel dengan Excel 2010 atau 2013. Nah, ketika Anda membuka file dalam mode Compability, terdapat resiko besar file tersebut akan rusak atau corrupt. Beberapa tanda-tanda file corrupt adalah :
  • Ukuran file terlalu besar. Ketika Anda menambahkan beberapa data dan menyimpan file, maka ukurannya tidak wajar.
  • Excel terasa lambat saat Anda berpindah antar cell.
  • File membutuhkan waktu yang lama saat dibuka.
  • File tidak dapat dibuka sama sekali.
Jika file Excel rusak atau corrupt, Anda dapat menggunakan Excel 2010 atau 2013 untuk memperbaikinya. Berikut caranya!
  • Pada contoh ini digunakan Excel 2010. Pilih opsi File>Open. Cari file yang rusak tersebut, tetapi jangan klik tombol Open untuk membukanya, tetapi klik panah kecil di samping tombol Open lalu pilih opsi Open and Repair.
  • Muncul jendela peringatan, klik tombol Repair. Tunggu sejenak dan file akan diperbaiki. Jika sudah berhasil, simpan dengan nama baru.
  • Jika file sudah diperbaiki tetapi masih rusak, ulangi langkah di atas, tetapi jangan pilih Repair, melainkan Extract Data dan dilanjutkan dengan memilih Recover Formulas. Terakhir simpan file.

0 Response to "3 Cara Memperbaiki File Dokumen Excel yang Rusak"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.