Info Baru
Loading...

Agung Firman Sampurna, Riwayat Hidup Seorang Tokoh Anggota BPK

WartaIPTEK.com - Bicara soal lembaga negara penting di Indonesia pastinya tidak akan melewatkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Seperti kita ketahui bersama BPK berfungsi sebagai lembaga tinggi negara yang mempunyai kewenangan untuk mengaudit atau memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab terhadap keuangan negara tersebut. DPD (Dewan Perwakilan Daerah) telah merekomendasikan 13 nama sebagai calon pimpinan BPK ke DPR RI, termasuk Dr. Agung Firman Sampurna SE, Msi yang kini masih menjabat Anggota BPK.

Dr. Agung Firman Sampurna, SE, Msi dilahirkan di Madiun pada 19 November 1971. Agung Firman mempunyai anak yang diberi nama Rachmat K.M. Sampurna dari hasil pernikahan dengan istrinya yang bernama Dian Anggraini.

Melihat dari profesinya saat ini, pendidikan Bapak Agung Firman Sampurna bisa dibilang sudah di atas standar rata-rata. Ia mengawali sekolahnya pada tahun 1985 di SD Negeri 65 Palembang kemudian di 1987 meneruskan ke SMP Negeri 1 Palembang dan pada 1990 menuntaskan masa Sekolah Menengah Atas-nya di SMA Negeri 1 Palembang.


Pada 1996 beliau melanjutkan studinya ke Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya di Inderalaya serta pada 1998 di Universitas Indonesia untuk mengambil Pasca Sarjana Program Studi Administrasi dan Kebijakan Publik (S2). Belum puas menyandang gelar Magister, pada tahun 2011 kembali Agung Firman Sampurna melanjutkan pendidikannya di Universitas Indonesia pada Pasca Sarjana (S3) Program Studi Administrasi dan Kebijakan Publik.

Sejak 2012 Agung Firman Sampurna merupakan anggota BPK RI (Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia) dan pernah menduduki jabatan sebagai Anggota III pada tahun 2012-2013, Anggota V pada tahun 2013-2014, serta Anggota I BPK-RI dari 2014 hingga saat ini.

Sejak di bangku SMP, Agung Firman Sampurna telah merintis karirnya dari bawah dengan aktif dalam beragam organisasi kesiswaan/perguruan tinggi. Peraih Bintang Mahaputra Nararya ini aktif dalam berbagai aktivitas seminar, riset, pelatihan, dan beberapa forum yang lainnya, baik di lingkup dalam  maupun luar negeri.

Selain itu, pada Pusat Kajian Manajemen Kebijakan dan Pusat Kajian Sumberdaya Aparatur LAN RI ini Agung Firman Sampurna juga pernah menjabat Fungsional Umum. Di tahun 2004-2005 menjabat Kepala Sub Bagian Program Sekretariat KPUD Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Kantor Pengolahan Data Elektronik Kabupaten Musi Banyuasin dan malahan pada 1998-1999 memegang jabatan jadi Staf Bagian Organisasi dan Tata Laksana Setwilda Tk.II Kab. Musi Banyuasin 1998-1999.

Tokoh BPK ini pernah menjalani sejumlah riset dan pelatihan berupa Prajabatan, seperti Bimbingan Teknis Pelayanan Minimum, Departemen Dalam Negeri (1998), dan Adum / Diklatpim Tk. IV (1999). Sedangkan sertifikat internasionalnya didapat dari riset dan pelatihan yang diikuti di luar negeri pada tahun 2007 antara lain Tax Policy, Fiscal Analysis and Revenue Forecasting Course Atlanta, Georgia, USA; Public Budgeting and Fiscal Management Course, Atlanta, Georgia, USA; Fiscal Decentralization and Local Governance Course, Atlanta, Georgia, USA; dan pada Maret 2014 silam mengikuti Driving Goverment Performance: Leadership Strategies that Produce Result; di Jhon F. Kennedy School of Goverment, Havard University, USA.

Dengan demikian beralasan sekali jika DPD mencalonkan Agung Firman sebagai kandidat kuat untuk menjabat anggota BPK-RI lagi. Terlebih Ketua DPD RI, Ajiep Padindang bahkan telah menandatangani langsung surat keputusan Komite IV DPD.

0 Response to "Agung Firman Sampurna, Riwayat Hidup Seorang Tokoh Anggota BPK"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.