Info Baru
Loading...

Ketahui Penyebab Smartphone Panas, Lalu Ini Solusinya

WartaIPTEK.com - Apa sih yang jadi penyebab smartphone panas? Kenapa setiap kali saya main game, smartphone saya jadi panas. Padahal itu kan sangat menggangu. Rasanya tidak rela kalau harus meninggalkan smartphone saat sedang asyik menikmati game petualang. Atau saat sedang asyik chatting dengan orang terdekat. Apalagi kalau sedang pendekatan. Dan satu yang pasti, kalau kamu terlalu menggunakan ponsel kamu untuk nelfon menggunakan data internet, pasti cepat panas. Mengapa?

Mengapa Smartpone Bisa panas
Jawabanya sederhana, kalau smartphone bisa panas. Berarti ada penyebabnya. Ada sesuatu yang mengahntarkan panas ke smartphone sehingga bisa kita rasakan. Nah, berikut daftar lengkap penyebabnya:



1. Prosesor lah yang tidak tepat
Setiap produsen smartphone pasti memiliki pilihan jenis prosseor apa yang disematkan pada produk smartphone mereka. Kebanyakan berbeda, tapi banyak pula yang sama. Nah, prossesor yang diduga sering mengalami masalah dengan overheat atau penyebab panas ponsel yang berlebihan adalah chipset snapdragon 810. Seperti yang disematkan pada Sony Z3. Selain itu, masalah overheat juga bisa terjadi pada chipset snapdragon 615. Jadi, kalau ponsel kamu cepat panas, coba cek dulu jenis prosesornya. Kalau berdasarkan pengalaman penulis, ponsel keluaran vendor asus, terutama untuk asus Zenfone 4, Zenfone 4S, dan Asus zenfone 5 mudah sekali panas.

2. Baterai
Penyebab smartphone panas kedua ini adalah pasti. Jadi setiap ponsel pasti bakal mengalami panas bila baterai panas. Terutama kalau kamu sedang charger ponsel kamu. saat itu. Baterai pasti mengalami kenaikan suhu. Jadi mangalir ke smarphone kamu dan ikut-ikutan jadi panas. Fenomena semacam ini, bakal lebih terasa pada ponsel yang berbodi ramping dan baterai tanam. Maklum, ia langsung bersentuhan. Hal semacan ini bisa disebut sebagai fenomena Thermal Runaway.

3. Kebanyakan Buka Program
Smartphone hanya dibelaki dengan RAM 1 GB, tapi masih saja menjalankan segala macam aplikasi media sosial. Di tambah pula, game berat-berat sedang dimainkan. Chatting sambil ngegame. Asik sih memang. Tapi kamu tidak kasian sama smartphone kamu? efeknya pasti baterai kamu cepat habis, ponsel berjalan lebih lambat dan smartphone pasti panas. Hal ini jelas diakibatkan oleh overload perintah yang kamu berikan. Belum lagi kalu mesti kamu tambah dengan browsing. Intinya, jangan paksa apapun melebihi batas kewajaranya. Itu tidak baik.

4. Koneksi Internet
Bicara soal koneksi internet, ada dua kemungkinan. Bisa karena koneksi internet kamu yang buruk. Bisa juga kamu terlalu maksimal menggunakan internet di ponsel kamu. misalnya kamu gunakan untuk video call dalam intesnsitas waktu yang cukup lama.

Koneksi internet yang tidak stabil bisa mengakibatkan smartphone jadi panas. Hal ini karena smartphone harus berulang kali menyambungkan internet dengan kondisi yang tak stabil. Bahkan semakin tinggi koneksi internet, misalnya 4G terus, juga bisa menyebabkan ponsel cepat panas. Terlebih hal ini juga akan cepat menguras baterai. cobalah ke mode pesawat untuk menguji apakah penyebab smartphone panas datang dari jaringan internet atau bukan.

Selanjutnya, jaringan ponsel yang selalu kita gunakan untuk telfon atau video call melalui aplikasi yang terhubung degan internet. Pasti juga akan menyebabkan ponsel cepat panas. Ponsel yang terlalu dipaksa terkoneksi dengan internet pasti cepat panas. Itulah prinsipnya.

Selain empat hal di atas, ada juga hal yang bisa menyebabkan ponsel jadi panas. Misalnya bug yang ada di sistem operasi karena tidak kita update, atau karena kita menggunakan aplikasi atau game kualitas HD.

0 Response to "Ketahui Penyebab Smartphone Panas, Lalu Ini Solusinya"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.