7 Fitur Rahasia Chrome For Android

WartaIPTEK.com - 7 Fitur Rahasia Chrome for Android. Browser Chrome di gadget Android Anda tak hanya berfungsi sebagai media berselancar, karena dibekali dengan berbagai fitur menarik, seperti sinkronisasi dengan desktop, menyimpan informasi login, dan sebagainya.

Tetapi seperti layaknya Chrome untuk desktop, terdapat hal lain yang sebenarnya masih tersembunyi. Beberapa diantaranya memiliki fitur yang cukup berguna. Berikut 7 fitur rahasia Chrome for Android, diantaranya adalah.


Experimental Features
Versi Chrome untuk desktop dibekali dengan fitur yang sifatnya masih eksperimen. Hal ini juga tersedia pada Chrome untuk Android. Untuk mengaksesnya, ketikkan chrome://flags pada address bar dan buka halaman tersebut.

1. Reader Mode
Baik versi iOS dan Windows Phone memiliki mode ini. Sebuah fitur dimana Chrome akan membuang formatting pada halaman dan menampilkan teks serta beberapa gambar dalam desain yang ringkas. Lalu pada versi 39.0.2171.59 ke atas untuk KitKat dan Lollipop, fitur ini tersedia secara eksperimental.

Gunakan opsi Find in dari menu, lalu cari Enable Reader Mode Toolbar kemudian aktifkan. Tap tombol Relaunch Now di bagian paling bawah halaman. Jika Anda menemui sebuah halaman yang kompatibel, ikon untuk Reader Mode yang menunjukkan huruf  'A' akan muncul.

2. Mengoptimalkan RAM
Jika Anda merasa performa Chrome terasa lambat, Anda dapat mengaplikasikan RAM lebih padanya. Cari bagian Maximum tiles for interest area. Dari Default, ubah nilainya menjadi lebih tinggi.
   
3. Mengaktifkan FPS Counter
Pernahkah Anda menggunakan aplikasi seperti FRAPS di desktop untuk mengukur berapa banyak jumlah frame per detik (FPS) yang berjalan pada game? Semakin tinggi FPS maka semakin mulus game berjalan. Anda dapat melakukannya juga pada Chrome. Aktifkan FPS counter dan ketika hardware acceleration aktif, Anda dapat melihat animasi kecepatan FPS di sebuah tab.

Menu Pengaturan
Jika sebelumnya fitur tersedia secara langsung di dalam Chrome, maka untuk yang di bawah ini dapat Anda akses di bar Chrome, namun masih terkait secara langsung pada browser tersebut.

4. Mengurangi Konsumsi Data
Jika berlangganan paket internet dengan kuota yang sedikit, Anda dapat mengaktifkan mode Reduce data usage dari menu Settings. Jika fitur ini diaktfikan, maka berbagai konten yang ditampilkan pada halaman Chrome akan dikompresi. Setelah diaktifkan, tingkat penghematannya adalah 25-75%.

5. Menu Gestur
Tombol menu berjajar tiga yang ada di sudut kanan atas halaman menyembunyikan banyak shortcut yang bermanfaat, seperti reload halaman, back/forward, menambah bookmark dan sebagainya. Jika Anda merupakan seorang pengguna fanatik Chrome pastinya sering menekan tombol menu tersebut.

Agar lebih cepat, versi baru mendukung penggunaan fungsi gestur. Tap dan tahan tombol menu, arahkan jari ke opsi yang diinginkan tanpa melepas jari. Maka opsi akan teraktifasi. Terdengar sederhana, namun sangat berguna karena cukup menghemat waktu.

6. Paksa Fitur Pinch to Zoom di Situs Apapun
Pasti sangat menyebalkan jika Anda membuka sebuah situs yang belum diperuntukkan untuk perangkat mobile. Karena Anda tidak dapat mengakses fitur zoomin dengan double tap. Solusinya adalah menuju ke Settings>Accessibility, lalu aktifkan opsi Force enable zoom.

7. Perbesar Ukuran Teks untuk Halaman Situs
Jika mata Anda cepat lelah saat membaca teks di halaman situs karena ukurannya kecil, maka Chrome dapat memperbesar teks pada situs apapun yang Anda kunjungi. Kembali di menu Accessibility, geser slider ke kanan. Terdapat preview untuk melihat ukuran teks sebesar apa yang diinginkan.

Nah, itulah 7 fitur rahasia Chrome for Android yang perlu Anda ketahui.

0 Response to "7 Fitur Rahasia Chrome For Android"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.