Cara Mengecilkan Ukuran File JPEG Secara Online

WartaIPTEK.com - Mengapa harus online? Misalkan saja Anda sedang menggunakan PC atau laptop yang ternyata tidak memiliki aplikasi untuk melakukan editing gambar. Padahal Anda ingin memperkecil ukuran file gambar yang akan dikirimkan ke email teman agar proses pengirimannya lebih cepat. Lalu, bagaimana cara mengecilkan ukuran file JPEG secara online?

Hanya bermodalkan internet, Anda dapat menggunakan layanan online bernama Kraken untuk memperkecil ukuran file gambar tanpa hams menurunkan tingkat kualitasnya. Tidak hanya file JPEG saja, tetapi format gambar lain seperti PNG, GIF dan bahkan SVG juga kompatibel.

 
Berikut cara mengecilkan ukuran file JPEG secara online
  • Akses halaman kraken.io pada browser. Pada halaman utama pilih opsi "Try Free Web Interface."
  • |Terdapat beberapa opsi pada halaman pengaturan. Opsi pertama (Choose source of images) digunakan untuk memilih antara mengupload gambar dari hard disk atau menyalin URL dari file gambar. Lalu opsi kedua (Choose optimization mode), terdapat 2 parameter. Untuk Lossless akan menurunkan ukuran file tanpa mengabaikan kualitas gambar. Sedangkan untuk Lossy ukuran file akan lebih kecil 90% dibandingkan ukuran asli tanpa penurunan kualitas gambar. Anda dapat mencoba satu per satu untuk menemukan hasil yang cocok.
  •  Klik tombol "Select files from disk" untuk memilih file gambar yang akan diupload dari hard disk, atau langsung drag dan drop gambar dari Explorer ke halaman. Kraken akan langsung memproses gambar. Jika sudah ditampilkan hasilnya berupa informasi ukuran file yang sudah diperkecil. Tidak tersedia tombol simpan di sini, melainkan tombol "Download this file."
  • Berikut adalah hasil perbandingan file gambar yang ukurannya telah diperkecil. Secara kasat mata tidak terdapat perbedaannya. Kiri gambar sebelum dan kanan gambar sesudah. 

0 Response to "Cara Mengecilkan Ukuran File JPEG Secara Online"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.