11 Aplikasi Penunjang Bisnis Online untuk Smartphone

WartaIPTEK.com - Perkembangan teknologi sudah membawa dampak yang sangat banyak terhadap perkembangan bisnis. Salah satunya bisnis online. Bisnis yang dilakukan secara online dengan adanya koneksi internet ini, tidak terbatas pada transaksi yang dilakukan di website toko online pribadi mereka, sosial media sebagai media promosi yang dilakukan di laptop ataupun PC. Karena sudah banyak pengembang teknologi yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi setiap orang untuk melakukan aktivitasnya, termasuk berjualan online.

Smartphone menjadi salah satu media yang dapat digunakan untuk berbisnis secara online. Dari fleksibilitas dan kemudahannya, banyak aplikasi yang disediakan untuk mendukung segala kegiatan berbisnis online. Dan berikut inilah beberapa diantaranya:


1. Contacts +
Setiap pemilik bisnis harus memiliki relasi yang banyak. Ini adalah kunci kesuksesan dari perkembangan bisnisnya. Nah, untuk aplikasi yang sesuai dan bisa digunakan adalah Contacts+. Aplikasi yang tersedia di Smartphone Android ini membantu para pemilik bisnis online untuk menyusun daftar kontak mereka. Biasanya kita kesulitan saat ingin menyusun info kontak dari Gmail, Facebook atau Yahoo. Namun dengan aplikasi ini kita bisa mendapatkan dan menyusun semua kontak yang berada pada akun social media kita.

2. Aplikasi Email
Ada banyak aplikasi email yang disediakan oleh Smartphone untuk kebutuhan email penggunanya. Seperti halnya Android yang sudah langsung terkoneksi dengan Google dan Gmail. Email menjadi bagian terpenting dari sebuah bisnis online. Dari mulai melakukan promosi, transaksi hingga konfirmasi pembayaran. Selain Gmail, Yahoo, sekarang juga sudah ada aplikasi email lainnya, seperti Maildroid. Semua tergantung dari kebutuhan bisnis online masing-masing pengguna.

3. Evernote
Sebagai seorang pemilik bisnis, Anda tentu saja membut'uhkan sebuah note atau aplikasi yang bias membantu Anda untuk mengingat setiap jadwal yang ada. Ini juga termasuk bagi pemilik bisnis online. Dan Evernote bias menjadi salah satu solusi dari kebutuhan Anda terhadap aplikasi jadwal pekerjaan Anda.

4. Google Analytics
Siapa yang tidak tahu Google Analytics? Memberikan informasi kepada kita seberapa besar perubahan atau peningkatan website kita melalui mesin pencarian Google. Smartphone Android juga menyediakan aplikasi Google Analytics. Disini kita bisa mengawasi dan terus memantau perkembangan website kita dimana pun dan kapanpun kita berada.

5. ES File Explorer File Manager
Memiliki sebuah toko online, tentu saja Anda membutuhkan aplikasi yang mampu membantu Anda dalam mengatur setiap file yang dibutuhkan. ES File Explorer File Manager menjadi salah satu pilihan aplikasi yang membantu Anda dalam mengatur setiap file yang dibutuhkan untuk toko online. Anda dapat mengatur letak file image product, data product dan lain sebagainya.

6. Google Currents
Google Currents adalah aplikasi yang bisa digunakan oleh setiap pemilik bisnis online untuk melihat update apa saja yang terjadi di seluruh dunia. Ini sangat bermanfaat ketika Anda akan update di website atau di social media. Jadi apa yang Anda posting tidak semata-mata untuk promosi dan berjuaian, tetapi juga memberikan informasi yang bermanfaat.

7. Soslal Media
Sosial media menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari berbisnis online. Promosi adalah kegiatan yang dilakukan di sosial media oleh setiap pemilik bisnis. Ada banyak aplikasi yang diciptakan untuk memudahkan pemilik bisnis untuk melakukan kegiatan ini melalui smartphone yang mereka miliki. Dari mulai Facebook App, Twitter, Instagram, Path, Pinterest dan lain sebagainya. Anda juga akan dimudahkan untuk bisa mengakses dan melakukan promosi dimana-pun dan kapanpun selama memiliki koneksi internet untuk mengaksesnya.

8. Xero
Xero adalah aplikasi smartphone yang diciptakan untuk pebisnis yang membutuhkan aplikasi accounting yang mudah dan fleksibel. Dengan aplikasi ini, kita bisa melakukan kegiatan accounting dimanapun dan kapanpun hanya melalui Smartphone yang kita miliki. Aplikasi ini mampu membantu Anda melakukan perhitungan dari yang paling sederhana, seperti pengeluaran untuk pembelian kebutuhan sehari-hari.

9. Aplikasi Marketplace
Berjuaian online tidak terbatas pada website pribadi dan sosial media yang sudah banyak disediakan. Marketplace masih menjadi pilihan untuk mereka yang ingin menjual secara online barang yang mereka miliki. Beberapa marketplace juga sudah menyediakan aplikasi mobile untuk mereka yang ingin melakukan transaksi yang lebih fleksibel. Seperti halnya website toko online yang memiliki versi mobile, marketplace juga memiliki aplikasi untuk pengguna smartphone, seperti tokopedia, bukalapak, blibli, lazada dan lain sebagainya.

10. Aplikasi Jasa Pengiriman
Semakin mudah saja pebisnis online melakukan transaksi bisnisnya, karena saat ini JNE, Tiki atau jasa pengiriman barang saja sudah memiliki aplikasi smartphonenya. Aplikasi ini yang digunakan oleh pebisnis online untuk mengecek sampai dimana barang yang dia kirim, melalui nomor resi, dan lain sebagainya.

11. MDScanner
Ada kalanya Anda membutuhkan untuk melakukan scanner terhadap dokumen-dokumen penting seperti invoice, surat dan lain sebagainya. Dan sungguh tidak memungkinkan Anda akan membawa alat scanner yang besar kemana pun Anda pergi. MDScanner akan memudahkan Anda untuk melakukan scanner terhadap dokumen penting yang dibutuhkan.

0 Response to "11 Aplikasi Penunjang Bisnis Online untuk Smartphone"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.