Cara Mudah Bikin Video Klip Tutorial

WartaIPTEK.com - Pembuatan tutorial dengan memanfaatkan video sudah menjadi trend. Bahkan banyak sekali ditemui video tersebut di YouTube. Untuk membuat sebuah video tutorial, terutama yang berhubungan dengan aplikasi komputer relatif mudah. 

Ini sama saja dengan membuat sebuah video tutorial yang memanfaatkan kamera perekam. Tetapi untuk melakukan rekaman semua aktivitas yang ada pada desktop Anda membutuhkan sebuah aplikasi khusus yang bisa melakukan capture secara konstan.


Kali ini kita akan menggunakan aplikasi capture bernama Movavi. Aplikasi ini cukup bagus karena banyak sekali fitur yang tersedia didalamnya. Nah, sekarang bagaimana untuk membuat sebuah video tutorial dengan mudah dan cepat.

Hal yang paling utama dalam pembuatan video tutorial adalah melakukan screen capture dalam bentuk video. Hampir semua mengetahui bagaimana mengambil screenshot desktop. Tetapi disini Anda membutuhkan perekam video audio dari layar Anda. Dengan begitu Anda bisa dengan mudah membuat video tutorial atau presentasi demo untuk mempromosikan proyek atau website? Jika Anda seorang gamer mencari program untuk berbagi misi yang direkam dengan teman-teman Anda? Atau Anda ingin membuat klip didasarkan pada beberapa rekaman webcam?

Disini kita menggunakan Movavi untuk melakukan semuanya, baik untuk menangkap layar komputer saat bermain video game, browsing web, menonton video online, chatting melalui Skype, atau bekerja dengan beberapa aplikasi desktop baru.
  • Langkah pertama jalankan Movavi. Kalau belum terinstal di PC/laptop Anda, download terlebih dulu di https://www.movavi.com/download-videoeditor/
  • Saat aplikasi Movavi terbuka, disitu akan terbagi menjadi dua bagian. Pertama adalah kontrolernya dan kedua adalah area yang akan di-clip.
  • Anda bisa menggeser bagian frame berwarna merah atau area yang akan diambil clipnya dengan mengklik dan menahannya pada bagian tengah. 
  • Bila area yang akan diambil relatif cukup besar, Anda bisa mengubah ukurannya. Pada Capture Area, pilih ukuran yang sesuai dengan keinginan Anda.
  • Karena akan membuat video tutorial, maka dibutuhkan tampilan kursor yang lebih menonjol. Untuk itu butuh efek pada kursor mouse. Klik Effect, pilih Highlight click & cursor. Pilihan ini nantinya akan membuat kursor terdapat lingkaran kuning yang bercahaya, dan saat di klik, maka akan timbul efek khusus.
  • Bila Anda juga menggunakan mikrofon, maka efek suara pun bisa direkam. Artinya Anda bisa juga sekaligus merekam suara. Pastikan fitur perekam audio tercentang. Pada menu Audio, centang Record Audio.
  • Setelah semua tertandai, maka Anda tinggaj mengklik tombol REC, untuk memulai perekaman.
  • Sekarang Anda mulai melakukan beberapa gerakan yang ingin disampaikan. Perlu diingat, untuk melakukan Pause cukup tekan tombol F9 dan F10 untuk Stop.
  • Setelah semua perekaman selesai, klik tombol F10, maka layar preview akan muncul. Disitu Anda bisa melihat hasilnya. Perhatikan dengan seksama, kursor akan mempunyai cahaya dan ada efek sendiri saat di klik.
  • Sekarang klik Convert untuk melakukan proses konversi ke Avi.
  • File tadi otomatis akan tersimpan pada file dokumen My Video. Selanjutnya Anda bisa melakukan proses perekaman dengan langkah yang sama, hingga proses capture lengkap.

0 Response to "Cara Mudah Bikin Video Klip Tutorial"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.