Info Baru
Loading...

Agar Tak Tersasar, Manfaatkan Google Maps Dengan 9 Cara Ini

WartaIPTEK.com - Google Maps bisa sangat membantu bagi Anda yang sering bepergian. Entah untuk mencari alamat, menujukkan arah, mencari lokasi, memantau kondisi jalan, dan banyak lagi. Namun tidak semua orang mengetahui cara menggunakannya. Bagaimanakah cara memanfaatkan Google Maps?

Nah, kali ini kita akan mengulas sedikit cara bagaimana menggunakan Google Maps untuk keperluan perjalanan Anda agar lebih mudah.

Mode Wi-Fi only
Google Maps menyediakan fitur agar pengguna tetap bisa memanfaatkan layanan ini meski tidak memiliki akses internet. Mode ini bermanfaat jika Anda sedang berada di daerah yang tidak mendapatkan sinyal internet. Bisa juga Anda gunakan agar dapat menghemat data jika suatu ketika kuota Anda terbatas. Untuk itu Anda mesti mempersiapkan diri dengan mengunduh terlebih dahulu data peta yang nantinya akan digunakan.

Cara menyimpan.data tersebut yaitu dengan menekan tombol Menu>Settings. Pada aktifkan Wi-Fi only, nantinya akan ada pertanyaan untuk mengunduh offline area yaitu daerah yang bisa Anda akses meski dalam kondisi offline, pilih Offline Areas. Tekan tanda + arahkan area atau wilayah yang hendak diunduh. Setelahnya, tekan Download. Secara otomatis area ini akan ter-update jika mendapatkan akses Wi-Fi. Jika area ini tidak mendapatkan akses Wi-Fi dalam waktu 30 hari, maka area ini tidak bisa diakses lagi dalam kondisi offline.

Berbagi Lokasi
Berbagi lokasi bisa dilakukan dengan cara menekan salah satu tempat menarik di Map. Tekan lokasi tersebut hingga tampil informasi seputar tempat yang akan dibagi. Pada bagian atas kanan terdapat ikon tiga titik, tekan dan pilih Share. Anda bisa membaginya melalui berbagai pilihan aplikasi tersedia.

Berbagi Petunjuk Arah
Selain lokasi, Anda juga bisa berbagi arah untuk menuju suatu lokasi. Untuk itu, atur terlebih dahulu lokasi awal serta lokasi yang hendak dituju. Tekan Menu>Your Places, tentukan lokasi awal. Pilih moda transportasi dan tentukan lokasi yang hendak dituju. Tekan ikon tiga titik yang ada di pojpk kanan atas, dan pilih Share directions.

Menyimpan Alamat Penting
Pada Map, tekan Menu>Your Place dan tekan Home atau Work untuk menyimpan alamat. Hal ini akan mempercepat proses mencari atau menentukan tujuan dan membantu Google Now untuk mempelajari lokasi yang Anda tuju.

Gunakan Sticker dan Label
Anda bisa menggunakan stiker untuk menandai rumah serta tempat kerja agar lebih mudah terlihat. Untuk itu tekan tombol Menu>Your Places. Tekan ikon tiga titik di sebelah lokasi rumah atau tempat kerja Anda. Tekan Change icon. Dari sini Anda bisa menggunakan pilihan stiker yang tersedia cukup banyak. Setelahnya tekan Save. Anda juga bisa memberi label pada tempat yang sudah ditandai tersebut dengan cara menekan stiker yang sudah dipilih tadi. Disini Anda bisa menekan Add Label dan memberi nama area tersebut.

Lihat Peta Melalui Street View
Mode Street View juga telah disertakan pada aplikasi Google Maps. Hanya saja caranya agak sedikit berbeda dengan Google Maps versi desktop. Untuk menggunakanya mode ini, tekan atau ketikkan alamat atau area pada kolom pencarian. Sesudahnya, di bagian bawah akan tertera informasi singkat seputar tempat tersebut. Tempat di atasnya, di sebelah kiri, terdapat peta dalam kotak kecll. Tekan peta dalam kotak tersebut dan otomatis akan mengaktlfkan mode Street View.

Gunakan Gesture
Anda mungkin sudah mengetahui cara zoom yaitu dengan cara mencubit atau menggunakan dua jari. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memperbesar peta atau memperkecil gambar peta menggunakan satu jari saja. Hal ini bisa membantu jika Anda sedang berkendara sambil satu tangan memegang smartphone. Anda tinggal mengetuk layar dua kali, namun pada ketukan kedua jangan lepas jari dari layar. Anda tinggal menggeser jari untuk memperbesar atau memperkecil gambar.

Lihat dari Google Earth
Untuk mendapatkan tampilan peta yang lebih realistis, Anda bisa mengganti tampilan secara 3D dengan memanfaatkan Google Earth. Untuk itu tekan tombol Menu, geser dan tekan Google Earth, Otomatis Anda mesti mengunduh aplikasi Goegle Earth terlebih dahulu. Lakukan hingga selesai. Setelahnya, Anda sudah bisa melihat peta secara lebih nyata.

Pantau Kondisi Lalu Lintas
Salah satu fitur andalan yang banyak digunakan pengguna adalah untuk melihat kondisi lalu lintas secara real-time. Google menampilkan kondisi tersebut melalui warna yang menandakan kondisi tersebut. Terdiri dari 3 warna, warna merah menandakan kondisi lalu lintas yang padat. Warna kuning dalam kondisi padat merayap, dan warna hijau dalam kondisi lancar. Untuk menampilkan ini Anda mesti masuk ke Menu>Traffic. Nantinya peta jalan akan ditampilkan dalam tiga warna tadi sesuai dengan kondisi secara real-time.

0 Response to "Agar Tak Tersasar, Manfaatkan Google Maps Dengan 9 Cara Ini"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.