Info Baru
Loading...

LG SmartThinQ Sensor Bikin Alat Rumah Tangga Bisa Saling Berkomunikasi Satu Sama Lain

WartaIPTEK.com - Perkembangan teknologi tak hanya dirasakan pada alat komunikasi. Alat rumah tangga pun mengalami inovasi. Dan kini, beragam alat rumah tangga sudah terintegrasi dan saling berkomunikasi.

Seiring perkembangan zaman, konsep 'rumah pintar' yang menghubungkan berbagai alat elektronik rumah tangga tanpa kabei jadi solusi. Harapan itu kini bisa diwujudkan dengan produk LG.

LG memperkenalkan LG SmartThinQ Sensor. Cukup dengan menempelkan sensor tersebut, alat elektronik rumah tangga akan menjadi 'pintar'. Pengguna hanya mengendalikan melalui aplikasi khusus.

Seperti yang diungkapkan oleh Jo Seong-jin, CEO LG Electronics Home Appliance & Air Solution Company "Adopsi perangkat elektronik rumah tangga pintar berjalan lambat karena adanya persepsi bahwa teknologi yang memungkinkan hal ini terjadi masih sulit untuk dijangkau. Inilah yang kami ubah melalui LG SmartThinQ Sensor".

Sangat mudah sekali untuk menggunakan alat LG SmartThinQ Sensor ini. Cukup tempelkan alat LG SmartThinQ Sensor yang berbentuk bundar ini pada perangkat elektronik rumah tangga, kemudian akan ada hubungan antarperangkat melalui aplikasi SmartThinQ yang telah diunduh pada smartphone.

LG SmartThinQ Sensor ini tidak hanya bisa membaca tingkat getaran dan temperatur, namun pengguna juga bisa berkomunikasi dengan perangkat elektronik rumah tangganya. Seperti, pengguna akan mengetahui jika pencucian sudah selesai dilakukan saat alat LG SmartThinQ Sensor ditempelkan pada mesin cuci.

Jika alat LG SmartThinQ Sensor ditempelkan pada kulkas, pengguna akan mengetahui jenis makanan apa saja yang ada di dalam kulkas yang sudah mendekati tanggal kadaluarsa. Dan pengguna akan diberikan informasi dari aplikasi SmartThinQ sudah berapa kali pintu kulkas dibuka meski pengguna tidak sedang di rumah.

Tak hanya itu, LG SmartThinQ Sensor dapat membuat si pengguna mengendalikan peralatan elektronik rumah tangga yang lain dari jarak jauh, saat pengguna tidak berada di rumah.

Selain LG SmartThinQ Sensor yang diluncurkan, masih ada dua perangkat elektronik rumah tangga pintar lagi yang diperkenalkan oleh LG, yaitu LG Smart Lightwave Oven dan Smart Air Conditioner. Kedua perangkat tersebut memiliki kompatibilitas dengan AllJoyn sebagai sebuah platform bagi internet of things (loT) yang dikembangkan Allseen Alliance.

Alljoyn perangkat lunak yang memberikan kemudahan bagi berbagai perangkat dan aplikasi untuk saling terkoneksi dan berkomunikasi. Alljoyn yang merupakan anggota yang mendapat dukungan besar dari seluruh anggotanya untuk tergabung dalam Allseen Alliance. Allseen Alliance sendiri adalah sebuah konsorsium lintas industri, yang memiliki anggota lebih dari 180 perusahaan, yang sama-sama memiliki komitmen pada pengembangan IoT.

Kompatibilitas pada perangkat LG Smart Lightwave Oven pengguna dapat mengunduh, melakukan pembaharuan (update), serta membagikan aneka resep makanan dengan teman hanya melalui smartphone. Perangkat ini bisa terhubung dengan Wi-Fi, memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan seluruh pengaturan perangkat meskipun sedang berada di luar rumah. Termasuk pengaturan mode, waktu, hingga temperatur yang diperlukan untuk memasak makanan tertentu sesuai kebutuhan pengguna.

Di sisi lain LG Smart Lightwave Oven memiliki kemampuan untuk melakukan diagnosis dan mencari informasi terkait solusi untuk berbagai kemungkinan jika terjadi malfungsi.

Perangkat pintar lainnya yaitu LG Smart Air Conditioner. Kompatibilitasnya dengan AllJoyn, pengguna akan mendapatkan informasi kapan waktunya untuk penggantian filter. LG Smart Air Conditioner juga dapat dikendalikan dari jarak jauh via smartphone Iho, memastikan ruangan sudah siap dan saat pengguna tiba di rumah kondisi ruangan sudah dalam keadaan sejuk.

Mengenai peluncuruan perangkat pintar LG, Jo Seong-jin mengungkapkan,"LG memiliki komitmen besar untuk memimpin inovasi menuju terwujudnya rumah pintar yang benar-benar memberi manfaat sekaligus menciptakan gaya hidup baru dengan kenyamanan dan kemudahan penggunaan."

Semoga harapan masyarakat untuk memiliki konsep 'rumah pintar' dapat segera terwujud. (Oliez/Sinyal/232/XI)

0 Response to "LG SmartThinQ Sensor Bikin Alat Rumah Tangga Bisa Saling Berkomunikasi Satu Sama Lain"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.