Info Baru
Loading...

5 Trik Play Store yang Harus Anda Ketahui

WartaIPTEK.com - Play Store merupakan tujuan utama para pengguna Android untuk mendownload aplikasi. Tetapi sebenamya terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan di toko aplikasi tersebut. Seperti misalnya menginstal aplikasi yang tak tersedia di Indonesia atau memberikan parental control. 


Berikut jelasnya.

Menginstal Aplikasi di Negara Lain
Daftar aplikasi yang ditampilkan di Play Store untuk tiap negaranya berbeda. Dan ketika Anda menemukan bahwa aplikasi yang ingin diinstal ternyata tak tersedia di Indonesia, maka dapat melakukan trik agar aplikasi tersebut dapat diinstal. Cukup instal aplikasi VPN seperti Hideninja, Tunnelbear dan sebagainya. Dengannya Anda dapat mengubah alamat IP menggunakan negara lain, sehingga Play Store dapat menampilkan aplikasi yang khusus ada di negara tersebut. 

Mengatur Perangkat via PC
Play Store akan mengingat setiap perangkat yang Anda login menggunakan akun Google. Anda pun dapat melihat daftarnya via alamat play.google.com/settings menggunakan browser pada PC. Semua perangkat yang telah terhubung akan ditampilkan dengan informasi seperti merk, model, operator, serta tanggal login. Tap tombol Edit untuk mengubah nama perangkat. Atau hilangkan centang untuk menyembunyikan perangkat dari daftar. 

Menggunakan Parental Control
Jika Anda tidak ingin anak atau saudara yang masih kecil mengunduh konten dewasa di Play Store, maka harus mengaktifkan fitur Parental Control. Pastikan Play Store sudah update setidaknya ke versi 5,6.8. Buka Play Store kemudian sapukan jendela dari kiri ke tengah untuk menampilkan panel pengaturan, lalu pilih Settings>Parental controls. Geser slider Off menjadi On, lalu inputkan password parental control. Lanjut pilih batasan umur dari aplikasi yang dapat didownload. Sekarang tiap kali aplikasi dengan batasan umur yang telah ditetapkan akan didownload, Anda harus menginputkan password yang telah ditentukan. 

Refund Pembelian Aplikasi
Sudah menjadi ketentuan dari Play Store bahwa aplikasi atau game yang telah dibeli dapat dikembalikan (refund), namun dalam durasi yang terbatas. Jika dulu hanya terbatas 15 menit, sekarang durasinya agak lebih lama menjadi 2 jam. Setidaknya Anda dapat mencoba-coba aplikasi yang ingin dibeli dengan cukup lama.
Membatasi Pembelian Aplikasi
Jika Anda memiliki anak atau saudara yang sering meminjam smartphone atau tablet untuk bermain game, pastikan ia tidak iseng membeli item-item dari game sehingga dapat menguras pulsa atau kartu kredit Anda. Untuk itu berikan batasan, dan untungnya Play Store memberikan fasilitas tersebut. Akses menu Settings, lalu tap bagian "Require authentication for purchases." Pilih opsi '"For all purchases through Google Play on this device" agar tiap pembelian yang dilakukan mengharuskan penginputan password akun Google.

0 Response to "5 Trik Play Store yang Harus Anda Ketahui"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.