Cara Backup dan Restore Catatan di ColorNote

WartaIPTEK.com - ColorNote merupakan salah satu aplikasi notepad yang banyak digunakan di Android. Tidak hanya memungkinkan Anda untuk membuat dan menyimpan catatan penting saja, ColorNote juga memiliki fitur untuk menyimpan catatan ke dalam kalender. Selain itu terdapat juga fitur sinkronisasi sehingga Anda dapat mengakses dan mengupdate catatan antar gadget.

Lalu bagaimana jika Anda ganti smartphone? Tentunya Anda harus melakukan proses backup data dari smartphone berikut dengan berbagai catatan yang disimpan pada ColorNote. 

  • Buka aplikasi ColorNote, kemudian sapukan layar dari sisi kiri ke tengah lalu pilih opsi Settings. Alternatifnya tap ikon menu (tiga titik berjajar) lalu pilih Settings.

  • Pada layar Settings, cari dan tap opsi Backup.

  • Tap tombol Backup Notes lalu inputkan master password dari ColorNote. Tap Ok untuk melakukan konfirmasi.

  • Setelah itu aplikasi akan melakukan proses backup dan hasilnya akan ditampilkan dalam daftar. File backup akan disimpan pada SD card sehingga dapat Anda bawa ketika dipindahkan ke gadget lain.
  • Kemudian jika Anda telah menginstal ColorNote di gadget baru, maka silakan melakukan proses restore. Akses kembali opsi Backup di menu Settings, kemudian tap dari salah satu file backup yang telah terbaca. Kemudian pilih opsi Restore.

  • Cukup itu saja, dan semua data catatan Anda akan di-restore secara otomatis. Jika memilih opsi View, maka Anda dapat memilih catatan secara individu yang akan di-restore.
Share this article / Bagikan Artikel Ini! :