Home » » Cara Backup dan Restore Catatan di ColorNote

Cara Backup dan Restore Catatan di ColorNote

Dipublikasikan oleh Maman Soleman

ColorNote merupakan salah satu aplikasi notepad yang banyak digunakan di Android. Tidak hanya memungkinkan Anda untuk membuat dan menyimpan catatan penting saja, ColorNote juga memiliki fitur untuk menyimpan catatan ke dalam kalender. Selain itu terdapat juga fitur sinkronisasi sehingga Anda dapat mengakses dan mengupdate catatan antar gadget.

Lalu bagaimana jika Anda ganti smartphone? Tentunya Anda harus melakukan proses backup data dari smartphone berikut dengan berbagai catatan yang disimpan pada ColorNote. 

  • Buka aplikasi ColorNote, kemudian sapukan layar dari sisi kiri ke tengah lalu pilih opsi Settings. Alternatifnya tap ikon menu (tiga titik berjajar) lalu pilih Settings.

  • Pada layar Settings, cari dan tap opsi Backup.

  • Tap tombol Backup Notes lalu inputkan master password dari ColorNote. Tap Ok untuk melakukan konfirmasi.

  • Setelah itu aplikasi akan melakukan proses backup dan hasilnya akan ditampilkan dalam daftar. File backup akan disimpan pada SD card sehingga dapat Anda bawa ketika dipindahkan ke gadget lain.
  • Kemudian jika Anda telah menginstal ColorNote di gadget baru, maka silakan melakukan proses restore. Akses kembali opsi Backup di menu Settings, kemudian tap dari salah satu file backup yang telah terbaca. Kemudian pilih opsi Restore.

  • Cukup itu saja, dan semua data catatan Anda akan di-restore secara otomatis. Jika memilih opsi View, maka Anda dapat memilih catatan secara individu yang akan di-restore.


9 komentar:

  1. Gan kalo kata sandi terkunci lupa gimana solusinya. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba deh lakukan ini siapa tahu bisa membantu he he he [Settings -> Master Password -> Menu button -> Clear Password -> Set a new password]

      Delete
  2. Gan klo lupa back up catatan trs hpnya direstart gmn cara mengembalikan catatan yg hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya segala sesuatu juga jangan terburu-buru ... kalau sdh lupa utk back up duluan ya ... sulit dikembaliin lagi ke keadaan semula.

      Delete
  3. Pas back up cuma ada menu
    View
    Delete
    Send

    Ga ad menu restore

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di smartphone/tablet teman2 kita yang sudah komen sebagian besar ada tuh menu restore-nya, termasuk punya Ane. Coba ColorNote-nya diupdate barangkali perlu update ..... menyesuaikan dengan versi OS-nya.

      Delete

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.

Internet

Tokoh

Teknologi

Komputer

Berita

Ilmu Pengetahuan

Elektronika

Gadget

Tips dan Trik