Info Baru
Loading...

Oppo R1X, Spesifikasi dan Harga Terbaru

WartaIPTEK.com - Oppo R1X, Spesifikasi dan Harga Terbaru - Setelah melenggang dengan OPPO Rl, OPPO kembali mengenalkan besutan terbarunya lewat OPPO R1X. Dengan harga yang lumayan tinggi, tentunya akan banyak pertanyaan yang muncul. Diantaranya perbedaan dibandingkan tipe sebelumnya (OPPO R1)?

Lantas apakah OPPO R1X bisa bersanding di jajaran ponsel menengah ke atas? Mengingat di kelas ini sudah ditempati oleh beberapa ponsel sepertl Xiaomi Mi Note Pro dan Samsung Galaxy A5 yang berhasil mengambil hati pengguna di Indonesia. Jadi langsung saja kita kupas kelebihan dan kekurangan dari OPPO R1X.

Desain 
Pertama kali melihat desain OPPO R1X satu kata yang terlintas. cantik. Bahan kaca depan-belakang dilapisi bezel aluminium. Bodi tipis 6.7 mm dan bobot 123 gram. Semuanya berkolaborasi untuk mempermanis tampilan keseluruhan.

Pada bagian depan terbentang layar sentuh berukuran 5 inci. Di atasnya berbaris rapih front camera, speaker phone, sensor, serta lampu indikator. Sedangkan bagian bawah terdapat navigation bar berupa tombol touchscreen menu, home dan back.

Beralih ke bagian betakang kita bisa melihat bentang kaca yang rata dengan efek potongan permata (diamond cut) yang sangat cantik. Terakhir kali kita melihat efek cantik ini adalah pada bagian belakang ponsel LG Nexus 4. Kembali ke R1X, terdapat Rear Camera bersebelahan dengan flash pada bagian kiri atas dan tulisan OPPO ditengah.

Lanjut ke bagian bezel. Sebelah kiri terdapat tombol power, sedangkan tombol volume dan slot SIM card di kanan, 3.5" plug in jack dan noise cancelling di bagian atas, serta dual speaker grill dan charging port di bagian bawah. Semua ini menghasilkan tampilan yang simpel, elegan dan terlihat mewah.

Untuk hardware memang tidak terlihat ataupun terasa solid jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy A5 yang menggunakan bahan logam. Tampilan R1X jauh dari kata sangar melainkan cantik.

Display
Resolusi HD720p atau setara dengan 1280 x 720 piksel diadopsi. R1X mengusung teknologi panel IPS (In Plane Switching), dengan kerapatan gambar mencapai 294 ppi (Piksel Per Inci). Gambar yang dihasilkan sangat jernih. Hanya saja mungkin karena  mayoritas default icon dan wallpaper dari Color Os (OS besutan OPPO) menggunakan latar putih/silver. Walhasil tingkat kecerahan layar harus sedikit diturunkan demi menghindari pencahayaan yang kurang nyaman di mata.

Ya, setting bawaan pabrik menghasilkan gambar yang silau. Agak susah jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy A5 karena A5 menggunakan AMOLED display yang memanjakan mata. Setidaknya dibandingkan dengan Xiaomi Mi Note Pro yang juga menggunakan IPS display, hasil dari Mi Note Pro lebih nyaman dilihat.

Kamera
Sangat menarik untukmembahas performa dari kamera. Apakah bisa mengalahkan hasil dari DSLR? Ini dia jawabannya. OPPO Rl sebelumnya menggunakan Rear Camera 8 MP. Sedangkan kali ini R1X dipersenjatai dengan 13 MP.

Selain itu, juga terdapat teknologi Pure Image, serupa dengan milik OPPO R5. Teknologi pengolahan gambar yang sangat berguna dalam memberikan banyak mode pemotretan seperti Ultra-HD, RAW Image dan Expert mode. Expert mode ini sendiri lumayan membantu apalagi kalau kita sudah terbiasa menggunakan setelan manual pada kamera.Tapi tetap saja pencahayaan yang baik akan menghasilkan hasil yang baik pula. Night mode hanya sebatas kata baik tapi belum bagus.

Untuk kamera depan baik R1X maupun Rl tetap menggunakan 5 MP dengan gold-angle lens yang dikembangkan khusus untuk foto setfie. Buat penggemar aplikasi Camera360 ataupun sejenis, dijamin akan sangat menyukai fitur dari front camera OPPO R1X. Dan mungkin untuk pertama kalinya Anda tidak akan menginstal aplikasi Camera360 ataupun sejenisnya di ponsel ini.
Dalam keadaan screen off sekalipun, R1X bisa langsung digunakan untuk mengambil gambar tanpa diketahui orang lain karena layar akan tetap dalam keadaan mati. Ini boleh dibilang stealth camera. Caranya cukup menekan tombol volume up-down bersamaan sampai terasa bergetar. Cek photo dan hasil stealth camera pun muncul.

Kinerja
OPPO R1X didukung oleh Android KitKat (4.4) serta dibekali chipset Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615. Prosesor dari R1X bertenaga Quad-core 1.7 GHz Cortex-A53 dan quad-core 1.0 GHz Cortex-A53 serta didukung prosesor grafik Adreno 405 untuk menunjang desain grafisnya. R1X telah memiliki RAM sebesar 2 GB guna mendukung kinerja dapur pacu R1X dapat bekerja maksimal. Penggunaan antarmuka sangat halus karena kolaborasi Color OS berjalan baik dengan Android KitKat. 

Baterai 
Jika Samsung Galaxy A5 berdaya 2300 mAH, R1X menggunakan baterai berdaya 2420 mAh. Dengan penggunaan normal, R1X bisa bertahan selama 1 hari 15 jam dengan screen on time sekitar 3 jam dan masih menyisakan 20% dari kapasitas baterai. Terlebih lagi kondisi tersebut dihasilkan tanpa mengaktifkan power saving. Fitur yang tersemat di R1X terdapat mode Normal Power Saving dan Super Power Saving. Bisa dibayangkan jika menggunakan fitur tersebut diyakini peningkatan performa baterai pasti meningkat jauh.

Rilis: Mei 2015, 
Dimensi: 140.6x70.1 x6.8 mm/130 g. 
Jaringan: Micro-SIM. GSM/HSPA/LTE, 
Baterai: Li-Ion 2420 mAh, 
Display: 5,0 inci, IPS LCD capacitive touchscreen, 16 M colors (294 ppi), multitouch 10 titik 
OS: Android OS, v4.4 (KitKat), Color OS 2.0.1
Prosesor: Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615, Quad-core 1.7 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.0 GHz Cortex-A53, 
GPU: Adreno 405 
Kamera: 13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, LED flash, kamera depan: 5 MP 
Audio Player: MP3/WAWWMA/eAAC+/ Flac, 
Video Player: MP4/WMWH.264, 
Koneksi nirkabel: Wi-R 802.11 b/g/n,Wi-R Direct. Wi-R hotspot. Bluetooth v 4.0, A2DP, EDR, 
Koneksi kabel: microUSB v2.0, USB Host, 
Memori internal: 16 GB, 2 GB RAM 
Memori eksternal: Micro SD 128 GB, 
Messaging: SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM, 
Lain lain: Browser HTML 5, FM Radio, GPS.AGPS, Document viewer, Photo/video editor 

Harga OPPO R1X : Rp 4.299.000

0 Response to "Oppo R1X, Spesifikasi dan Harga Terbaru"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.