Info Baru
Loading...

Cara Pasang Android Lollipop Di Komputer (PC) Dan Laptop

WartaIPTEK.com - Cara Pasang Android Lollipop Di Komputer (PC) Dan Laptop - Perangkat Android Anda belum mendapatkan dukungan upgrade ke Lollipop tapi sudah tidak sabar ingin merasakan fitur-fitur yang ada? Jika iya, pasang saja terlebih dahulu emulator Lollipop di komputer. Emulator yang akan ditunjukkan ini memiliki keunggulan dibanding emulator lainnya seperti BlueStacks atau YouWave.

Karema cara yang akan ditunjukkan ini, Anda akan mendapat sebuah fungsi Android Lollipop seperti layaknya sistem pada perangkat ponsel.


1. Pilih Android SDK
Terlebih dahulu unduh Android SDK melalui alamat http:// developer.android.com/sdk/index. html. Pada halaman tersebut, Anda bisa mengunduh melalui dua cara yaitu dengan mengunduh Android Studio yang merupakan satu paket penuh Android SDK atau hanya mengunduh file SDK saja. Untuk pilihan pertama, Anda bisa menekan Download Android Studio for Window. Namun file ini cukup besar yaitu sekitar 887 MB.

2. SDK Tools Only
Atau Anda bisa mengunduh opsi kedua dengan memilih Other Download Options>SDK Tools Only. Dari pilihan yang ada, pilih versi Windows dengan Package yang diberi tanda Recommended. Aplikasi ini memiliki ukuran sekitar 103 MB. Jangan pasang dahulu aplikasi ini sebelum Anda memasang aplikasi pendukung.

3. Aplikasi pendukung
Agar berfungsi dengan baik, Anda juga mesti memasang aplikasi pendukung yaitu Java Development Kit yang bisa didapat di alamat http://www. oracle.com/technetwork/ java/javase/downloads/jdk8-downloads-2133151.html. Pada halaman tersebut unduh file Java SE Development Kit 8u45 pada pilihan Windows x86 (32-M) atau indows x64 (64-bit) yang memiliki ukuran sekitar 180 MB. Jangan lupa untuk memilih Accept License Agreement. Pasang aplikasi ini sesudah proses unduhan selesai. Setelahnya pasang aplikasi Android SDK.

4. Jalankan Android SDK. 
Jalankan aplikasi Android SDK. Pada pilihan yang ada, pastikan bahwa Anda memberi tanda centang pada Android SDK Platform-tools dan Android 5.0.1 (API 21). Dan klik Install packages untuk melanjutkan pemasangan.

5. Buat Emulartor
Setelah pemasangan package selesai, jalankan AVD Manager yang terdapat pada direktori Android SDK. Pada AVD Manager klik Create dan ikuti pengisian kolom berikut ini:
  • AVD Name: LollipopEmulator (tanpa spasi).
  • Device: isi dengan perangkat Google yang akan diemulasikan, Anda bisa mengisi dengan Nexus 5.
  • Target: pilih versi Android 5.x.x (sesuai dengan update yang ada pada file SDK).
  • CPU/ABI: pilih ARM.
  • Skin: Skin with dynamic hardware controls.
  • RAM: pengisian ini tergantung dari RAM komputer yang Anda gunakan. Jika komputer Anda menggunakan 4 GB, maka isi dengan pilihan 2 GB (2048).
  • Biarkan pilihan yang lain sesuai dengan default-nya. Klik OK untuk menyudahi.
6. Jalankan Emulator
Pembuatan emulator telah selesai dan jalankan dari Android Virtual Device (AVD) yang dibuat tadi. Klik LollipopEmulator tadi dan klik Start. Akan tampil jendeia Launch Options dan Anda bisa memberi tanda centang pada Scale display to real size. Klik Launch dan Android Lollipop akan mulai melakukan proses  booting seperti layaknya pertama kali menyalkan ponsel.

7. Ubah Konfigurasi
Jika sistem gagal, hang, atau tidak stabil, Anda bisa mengubah pengaturan pada langkah empat sesuai dengan kemampuan komputer yang ada. Caranya pilih AVD yang telah dibuat, dan klik Edit. Dari sini Anda bisa mengubah konfigurasi yang telah ada. Contohnya dengan mengurangi pengisian RAM dengan jumlah yang lebih kecil. Atau mengganti pilihan device dengan yang lainnya.

Selain menggunakan cara tersebut, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Genymotion untuk memasang Android Lollipop di komputer. Aplikasi ini memiliki dua versi yaitu Free dan Business. Untuk versi Free hanya menyediakan tiga fitur yaitu dukungan Android dari 2.3 sampai 5.1, serta fitur GPS dan Camera. Sedangkan versi Business menyediakan seluruh fitur seperti yang ada di ponsel Android. Aplikasi ini bisa didapat melalui alamat www.genymotion.com.

0 Response to "Cara Pasang Android Lollipop Di Komputer (PC) Dan Laptop"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.