5 Tips Mengoptimalkan WhatsApp

WartaIPTEK.com - Sampai sekarang WhatsApp masih menjadi salah satu aplikasi chat yang selalu diinstal di tiap smartphone Android. Selain mudah digunakan, sebenarnya WhatsApp menyimpan segudang pengaturan yang sebagian besar tak diketahui oleh pengguna. 

Menariknya adalah pengaturan tersebut ternyata membawa fungsi-fungsi yang menarik. Berikut 5 diantaranya.

Kirim Pesan Pribadi di Dalam Croup
Di era internet saat ini, privasi sangatlah penting. WhatsApp pun mengerti akan hal tersebut. Anda ingin mengirim pesan pribadi ke beberapa orang saja? Maka fitur Broadcast dapat dimanfaatkan. Tap ikon tiga titik berjajar di sudut kanan atas, lalu pilih New Broadcats. Inputkan nama semua kontak yang ingin Anda kirimkan lalu tap tombol Create untuk mengirimkannya.

Sembunyikan Informasi Pribadi
Sebenarnya pintar-pintar kita untuk membatasi informasi pribadi agar tak diakses orang lain. Di WhatsApp, informasi pribadi meliputi foto profile, status dan "Last Seen" (waktu terakhir Anda beraktivitas di WhatsApp). Anda dapat membatasi siapa saja yang dapat mengaksesnya. Caranya akses menu Settings>Account>Privacy. Pada ketiga informasi pribadi tersebut, Anda dapat memilih siapa saja yang dapat mengaksesnya, apakah tidak ada (Nobody), semua orang (Everyone), dan hanya teman saja (My contacts). 

"Mute" Group yang Mengganggu
Ada kalanya Anda dimasukkan ke dalam sebuah group chat oleh teman. Masalahnya adalah Anda tak memerlukannya karena merasa tak penting. Daripada Anda keluar dan membuat teman tersinggung, lebih baik mute saja chat sehingga Anda tak mendapatkan lagi notifikasi darinya. Tap tab Chats, lalu pilih group yang akan di-mute. Tap ikon Options di sudut kanan atas lalu pilih Mute. 

Buat Shortcut untuk Chat Favorit
Anda memiliki teman yang sering diajak chat? Maka buat saja ikon shortcut ke percakapannya dengannya pada home screen. Dengan begitu Anda dapat secara cepat bercakap-cakap dengannya tanpa perlu membuka WhatsApp terlebih dahulu. Tap tab Chats, lalu tap dan tahan percakapan yang ingin dibuat shortcut. Ketika daftar opsi ditampilkan, pilih opsi "Add conversation shortcut." Sebuah shortcut dengan ikon foto profile teman akan ditampilkan di home screen. Tap saja untuk langsung bercakap dengannya. 

Recovery Pesan Terhapus
Sebagian besar orang masih menyimpan pesan dari dan ke luar gadget-nya. Untungnya secara default WhatsApp melakukan backup otomatis setiap pukul 4 pagi. Mengartikan jika menghapus pesan setelah jam tersebut, Anda masih dapat mengembalikannya. Caranya uninstal WhatsApp dulu, kemudian instal lagi. Inputkan nomor, dan WhatsApp akan menginformasikan bahwa terdapat backup untuk percakapan Anda. Tap Restore untuk mengembalikan.

Demikianlah 5 tips mengoptimalkan WhatsApp, mudah bukan?

0 Response to "5 Tips Mengoptimalkan WhatsApp"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.