Inilah Solusi Smartphone Terendam Air

WartaIPTEK.com - Sehati-hati apapun Anda menyimpan smartphone di saku atau memegangnya secara erat di genggaman, bisa saja saat lengah smartphone terjatuh ke dalam genangan air, basah di saku karena kehujanan, atau situasi lainnya.

Tentunya air adalah musuh utama dari barang elektronik, termasuk smartphone Anda. Hal pertama adalah jangan panik. Kemudian ambil smartphone dari air lalu keringkan dengan lap, kain baju atau lainnya. Saat panik, kemungkinan besar Anda akan melakukan beberapa hal yang ada di bawah ini.

Berikut adalah beberapa hal yang tak boleh Anda lakukan ketika smartphone dalam kondisi basah.
  • Jika smartphone mati, jangan dihidupkan. Jangan pula menekan berbagai tombol fisik yang ada di bodi.
  • Jangan guncangkan smartphone untuk mencoba mengeluarkan air di dalamnya.
  • Jika Anda membuka casing, jangan meniup sisa-sisa air di dalamnya. Hal ini dapat mengakibatkan air berpindah ke komponen yang vital. Bisa-bisa justru kerusakan menjadi tambah parah.
  • Jangan panaskan smartphone, seperti meniupkan pengering rambut (hair dryer). Panas yang tinggi dapat merusak komponen smartphone, khususnya internal.
Setelah Anda tidak melakukan berbagai hal yang disebutkan di atas, sekarang adalah waktunya untuk melakukan langkah penyelamatan. Yang perlu diperhatikan adalah langkah ini tak bisa memastikan kondisi smartphone kembali 100% seperti awal. Namun masih ada kemungkinan untuk berhasil.
  1. Matikan smartphone, siapa tahu walaupun tercelup atau terkena air smartphone tetap hidup tetapi hang.
  2. Lepas casing belakang. Lalu lepas microSD dan kartu SIM dari slotnya. Lepas juga baterai, jika tidak dapat dilepas maka biarkan saja.
  3. Keringkan bodi smartphone dengan kain lap. Jika Anda memiliki penghisap debu dengan ujung yang kecil, dapat dimanfaatkan untuk menghisap air pada bagian yang susah dijangkau oleh kain lap.
  4. Ambil sebuah plastik lalu isikan dengan beras. Pendam baterai dan smartphone di dalamnya selama sekitar 2 hari. Mungkin hal ini terasa tak masuk akal bagi Anda, tetapi kumpulan beras dapat menyerap sisa-sisa air yang ada.
  5. Sebagian toko elektronik menjual phone drying pouch alias kantung pengering khusus untuk ponsel yang terkena air. Di kantung tersebut disertakan media pengering, dan beberapa diantaranya menyediakan indikator ketika kondisi telah benar-benar kering.
  6. Setelah 2 hari, coba pasangkan baterai dan hidupkan smartphone. Coba tekan semua tombol yang ada untuk mengecek fungsinya. Mainkan juga musik untuk mengecek speaker, tes juga tingkat responsifitas layar sentuh.
  7. Jika smartphone sama sekali tidak menyala, coba untuk mengisi baterai untuk melihat apakah berhasil. Jika tidak, ada kemungkinan baterai rusak. Anda dapat meminjam baterai teman dengan tipe smartphone yang sama, atau biarkan kering dalam waktu lama lagi.
  8. Jika semua langkah di atas ini belum dapat menyelamatkan smartphone, mau tidak mau harus dibawa ke service center resmi. Kemungkinan besar Anda harus mengeluarkan biaya karena kerusakan smartphone dikarenakan air tak termasuk dalam garansi karena kerusakan tersebut dianggap sebagai kelalaian pengguna.

0 Response to "Inilah Solusi Smartphone Terendam Air"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.