Info Baru
Loading...

Apple Watch, Bukan Sekedar Jam Tangan Biasa, Tersedia April 2015

WartaIPTEK.com - Entah apa yang merasuki para produsen perangkat mobile saat memproduksi perangkat smartwatch. Jam tangan pintar yang masuk dalam kategori wearable device ini memiliki fungsi sebagai pendamping smartphone atau tablet, menampilkan informasi seperti SMS, cuaca, notifikasi Facebook, hingga menerima panggilan telepon masuk.

Mulai Sony, Samsung, Acer, Motorola dan ASUS pun masing-masing merilis smartwatch andalannya. Namun terlihat sekali respon dari masyarakat yang kurang, bahkan terkesan mengabaikan karena secara kebutuhan tidaklah terlalu penting. Jadi bisa dibilang para produsen besar tersebut hanya sekadar mengikuti tren, dan berlomba agar tidak tertinggal dengan para pesaing, entah perangkat tersebut diminati atau tidak. Dan hadirlah sekarang Apple dengan Watch-nya. Apakah dapat menjadi hit dibandingkan dengan smartwatch dari produsen lain? Itulah pertanyaannya. Namun biarlah hal tersebut menjadi urusan para produsen.

Desain
Lalu apa fungsi Apple Watch? Bisa berfungsi sebagai player musik seperti iPod, fitness tracker dengan fitur mengukur detak jantung, perangkat komunikasi untuk mengirim serta menerima pesan, menelepon, dan tentunya portal ke aplikasi lain yang ada di iPhone. Selain itu Apple Watch juga mendukung fitur Apple Pay atau mengontrol Apple TV sebagai remote.



Sebelum kemunculannya, banyak sekali gambar hasil render yang menunjukkan bentuk bundar, namun kenyataannya jauh berbeda karena Apple Watch berbentuk persegi dengan sudut yang melengkung. Di bagian dalamnya terdapat 4 lensa safir yang berguna untuk membaca detak jantung lebih akurat dibandingkan dengan model optical yang terdapat di Samsung Gear 3 atau Motorola Moto 360.

Jika smartwatch lain hanya mengandalkan layar untuk bernavigasi, maka Apple menambahkan sebuah pemutar jam di sisi kanan bodi, seperti layaknya jam tangan konvensional. Pemutar ini memiliki nama Digital Crown. Fungsinya bisa dibilang kombinasi dari tombol Home dan scroll wheel, membantu pengguna untuk melakukan aktivitas seperti pinch to zoom dan scroll lebih mudah.

Spesifikasi
Apple Watch dibekali dengan prosesor Apple S1 dan memiliki gyroscope dan accelerometer. Selain itu dapat "menumpang" WiFi dan GPS dari iPhone. Terdapat juga sebuah prosesor "Taptic" yang akan memberikan getaran pada pengguna saat notifikasi, alarm dan pesan lain masuk.



Apple Watch tersedia dalam 2 ukuran dan 6 tali jam yang berbeda. Varian pertama adalah Apple Watch yang memiliki bodi stainless steel, bagian belakang bahan keramik dan kristal safir. Kedua adalah Apple Watch Sport dengan bodi aluminum, bagian belakang composite dan layar Ion-X. Ketiga adalah Apple Watch Edition yang memiliki emas 18 karat di bodinya. Ukuran yang tersedia adalah 38 mm dan 43 mm, sehingga dapat disesuaikan untuk digunakan oleh pria atau perempuan, atau bahkan anak-anak.

Satu catatan adalah Apple Watch ini hanya dapat digunakan bersama dengan iPhone 5, 5C, 5C, 6, atau 6 Plus. Sehingga para pengguna iPhone dengan model lama harus menggigit jari. Setidaknya hal ini sama seperti Samsung Gear yang hanya kompatibel dengan beberapa smartphone Samsung saja. Mungkin nantinya akan muncul smartwatch pihak ketiga yang dapat kompatibel dengan iPhone 5 ke bawah. Siapa tahu.

Ketersediaan
Apple Watch baru akan tersedia April 2015. Untuk tanggal pastinya belum ada, tetapi setidaknya sedikit memberikan informasi karena sebelumnya dirumorkan Apple Watch tersedia pada bulan Maret 2015. Salah satu alasan mengapa belum ada kepastian perilisan untuk umum adalah Apple masih benar-benar mempersiapkan Watch agar lebih sempurna. Hal ini dikarenakan muncul masalah baterai yang boros. [Maman Soleman]

0 Response to "Apple Watch, Bukan Sekedar Jam Tangan Biasa, Tersedia April 2015"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.