Info Baru
Loading...

Biji Pepaya Bermanfaat Untuk Atasi Rambut Ubanan

WartaIPTEK.com - Di dalam pepaya mengandung tiga antioksidan yang sangat penting yaitu vitamin A, C, dan E, serta magnesium, potasium, asam panthotenic, folat dan serat. Sedangkan dalam biji pepaya mengandung glucosirolates, benzyl isothiocyrate dan minyak pepaya. Biji pepaya memiliki khasiat berupa nephro-protector serta efek antibakteri. Efek antibakteri dari pepaya secara tidak langsung dapat memperlambat penuaan sel-sel, termasuk sel pada rambut.

Aging atau penuaan yang merupakan penyebab utama rambut beruban (graying). Pada usia akhir dekade ke 5, separuh orang memiliki paling tidak 50 persen rambut uban dan hampir seluruhnya memilikii rambut dengan gradasi warna menuju putih. Hal ini disebabkan karena berkurangnya melanosit pada folikel rambut. Pigmentasi rambut bergantung pada mellanocytes stem cells dan diferensiasi sel di dalam folikel rambut. Banyak gen yang berperan dalam proses ini. Artinya faktor keturunan memiliki peranan dalam pigmentasi rambut.

Batang rambut terdiri dari tiga bagian yaitu kutikula, korteks dan medulla. Korteks mengandung melanin yang merupakan pigmen yang memberikan warna pada kulit, rambut dan mata. Menjaga rambut tetap sehat dengan meminimalisasikan penggunaan bahan kimia, menghindari menyisir rambut dalam keadaan basah, keringkan rambut secara alami tanpa menggunakan alat pengering rambut dan menggunakan deep conditioner seminggu sekali. Selain itu, penggunaan sampo sebaiknya tidak berganti-ganti.

Hal-hal tersebut sangat membantu dalam melindungi dan menjaga rambut dari kerusakan seperti perubahan warna rambut, baik itu menjadi putih (uban) ataupun menjadi merah. Dengan perawatan rambut sehari-hari yang baik serta menerapkan pola hidup sehat dan seimbang dengan makan makanan bergizi yang mengandung banyak vitamin serta zync, maka rambut akan tetap sehat.

Berikut ini cara untuk menghitamkan rambut menggunakan biji pepaya :
  • Sediakan biji buah pepaya seperlunya.
  • Cucilah biji pepaya.
  • Biji pepaya disangrai (digoreng tidak memakai minyak goreng).
  • Haluskan biji pepaya dengan cara ditumbuk atau blender, lalu dicampurkan dengan minyak kelapa.
  • Balurkan pada kulit kepala beserta rambut sembari dipijat-pijat.
  • Tutup atau balut rambut menggunakan handuk bersih, diamkan sekitar 2 jam.
  • Dengan air dingin basuhlah rambut sampai bersih.

0 Response to "Biji Pepaya Bermanfaat Untuk Atasi Rambut Ubanan"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.