Home » » Teknologi Bluetooth Memudahkan Komunikasi

Teknologi Bluetooth Memudahkan Komunikasi

Dipublikasikan oleh Maman Soleman

Warta IPTEK - Sejak lama para ahli komunikasi dan komputer memimpikan alat yang mampu menghubungkan manusia tanpa melalui kabel panjang yang merepotkan. Transmisi data dan suara dialirkan lewat gelombang dengan kualitas yang baik dan cepat dan tidak ribet.

Komunikasi tanpa kabel telah menjadi teknologi yang semakin populer belakangan ini. Dari beragam jenis teknologi tanpa kabel, bluetooth saat ini telah memasuki masa komersialisasi dan diproduksi dalam jumlah besar. Didukung dengan harga yang semakin terjangkau, membuat banyak masyarakat Indonesia yang memakainya.

Teknologi bluetooth, karena kepraktisannya diramalkan memiliki masa depan yang bagus. Salah satu penerapan teknologi bluetooth yang terlihat jelas dan populer adalah pada telepon seluler. Kini untuk melakukan pembicaraan, tidak perlu lagi mendekatkan ponsel ke telinga. Cukup berbicara menggunakan handsfree tanpa kabel berbentuk earphone yang dilekatkan pada telinga. Ponselnya bisa diletakkan di tas atau saku. Hal ini memungkinkan karena bluetooth memakai gelombang radio.

Bluetooth berawal dari ide yang dikembangkan oleh dua perusahaan komunikasi Ericcson dan Nokia. Teknologi ini memakai frekuensi antara 2,402 dan 2,480 GHz yang tersedia di seluruh dunia tanpa harus membayar lisensi. Jalur komunikasi diatur oleh sebuah mikroprosesor yang hemat energi.

Bluetooth memiliki kemampuan untuk menghubungkan peralatan elektronik dalam jarak 10 meter. Kemampuannya bisa ditambah dengan piranti penguat sinyal sehingga dapat menjangkau jarak sampai 100 meter. Teknologi ini dirancang untuk dapat mentransfer data, bahasa dan gambar bergerak. Setiap perangkat bluetooth dapat berkomunikasi dengan 8 perangkat yang terpisah. Satu sama lain tidak akan menganggu karena frekuensi antara pengirim dan penerima bisa berganti 1.600 kali per detik.


Bluetooth dirancang untuk dapat mentransfer data sampai kecepatan 1 Mbit/s. Tidak heran kalau keberadaannya disukai masyarakat saat ini. Untuk mentransfer data dari ponsel yang sudah dilengkapi bluetooth ke komputer hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja. Bandingkan dengan memakai kabel USB yang memakan waktu lebih lama, kalau datanya berukuran besar.

Secara umum, ada dua jenis komunikasi dengan teknologi bluetooth yaitu Paired Connection di mana hubungan berlangsung melalui pertukaran kode PIN (Personal Identification Number). Data ditulis dalam bentuk kode sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak lain.

Tipe kedua disebut Temporary Connection, yaitu penerima menyetujui komunikasi antara dua alat atau lebih dengan hanya menekan tombol. Biasanya dipakai untuk komunikasi yang tidak rahasia dan pertukaran data, sepert kartu nama atau memasukkan foto ke dalam harddisk komputer.

Kegunaan dari bluetooth sangat besar, selain untuk berbicara kini pengiriman data pun menjadi jauh lebih mudah dan cepat. Peralatan PDA (Personal Digital Assistant) dan notebook bisa terkoneksi ke ponsel yang memiliki fasilitas bluetooth. Penggunanya bisa mengirim e-mail tanpa perlu terkoneksi dengan jaringan kabel telepon. Cukup menghubungkan notebook dengan ponsel bluetooth, kemudian setelah terkoneksi, pencet tombol dan e-mail pun terkirim. Hal ini sangat praktis dan tidak merepotkan terutama untuk orang-orang yang banyak bekerja di lapangan.

Dibandingkan dengan sinar inframerah yang banyak dipakai pada remote control TV, peralatan bluetooth bisa diletakkan pada berbagai posisi tanpa menganggu hubungan. Selama masih berada dalam jangkauan frekuensi, maka perangkat bluetooth masih bisa saling berhubungan. Lebih fleksibel daripada remote control yang posisi penerima dan pengirim data harus saling berhadapan satu sama lain.

Oleh karenanya, aplikasi teknologi bluetooth pun meluas tidak hanya terbatas pada ponsel. Kini bisa mencetak gambar atau tulisan pada printer tanpa perlu kabelnya. Sehingga mencetak foto digital menjadi semakin mudah. Dengan memakai peralatan yang disebut bluetooth hub, komputer masih dapat berhubungan dengan printer pada jarak 1 meter. Teknologi pun semakin mengerti dan memudahkan manusia. 

Referensi :
http://dspace.library.uph.edu:8080/bitstream/123456789/2867/1/new-jiuph-08-01-2005-teknologi_komunikasi_wireless_untuk.pdf
http://www.suaramerdeka.com/harian/0502/07/ragam3.htm


0 komentar:

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.

Internet

Tokoh

Teknologi

Komputer

Berita

Ilmu Pengetahuan

Elektronika

Gadget

Tips dan Trik