iklan space 728x90px

Teknologi Fiber Optic, Lancarkan Dedicated Internet Saat Cuaca Buruk


Hujan dapat menjadi salah satu pemicu dari buruknya jaringan koneksi internet. Hal ini dikarenakan pada saat hujan atau cuaca buruk, gelombang yang dipancarkan mendapatkan hambatan dari materi tertentu seperti air hujan. Gelombang tersebut akan berbenturan dengan materi dan kemudian memantul ke arah lain yang kemudian menghasilkan gelombang yang kacau atau berbelok-belok. Pada situasi angin kencang, koneksi internet yang lambat dapat terjadi dikarenakan pergeseran antena oleh angin serta arah angin yang tidak beraturan. Selain itu, hujan juga dapat menyebabkan pelemahan sinyal dengan pengurangan bandwidth

Jaringan koneksi internet yang digunakan untuk bisnis seperti pada gedung perkantoran atau co-working space tentunya memerlukan jaringan internet yang cepat dan tetap stabil walaupun dalam kondisi cuaca buruk. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan internet dedicated. Internet Dedicated dapat menjamin pelanggannya untuk mendapatkan jaringan yang stabil sesuai dengan yang dijanjikan meskipun pada cuaca buruk karena menggunakan teknologi fiber optic. Teknologi fiber optic merupakan kabel yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi cahaya dengan menggunakan perantara plastik atau serat kaca (proses pembiasan cahaya).

Beberapa kelebihan teknologi fiber optic

1. Dapat mentransmisikan data jarak jauh

Fiber optic dapat mentransmisi cahaya hingga jarak kurang lebih 100 km hingga 100 Mb serta dapat melesat hingga 1 GB per detik. 

2. Tingkat keamanan lebih terjamin 

Fiber optic tidak melibatkan arus listrik sehingga dapat menghindari konsleting listrik.

3. Memiliki kapasitas pengiriman data yang besar

Kecepatan pengiriman yang dilakukan dengan menggunakan fiber optic dapat mencapai giga byte per satu detik.

4. Sinyal tetap bagus di segala cuaca

Cuaca buruk tidak akan berpengaruh pada jaringan fiber optic sehingga seluruh aktivitas akan tetap lancar di segala cuaca. 

5. Kecepatannya relatif stabil dan kencang

Akses data pada fiber optic lebih cepat dan stabil serta dapat meminimalkan risiko kehilangan data. 

Ini alasan mengapa fiber optic dapat menjaga agar jaringan tetap stabil meskipun pada cuaca buruk: 

1. Menggunakan laser atau LED dalam proses pembiasan cahayanya

Proses pembiasan cahaya pada fiber optic dapat mengalirkan sinyal cahaya yang memiliki kecepatan tinggi ke tiap titik dengan menggunakan laser atau LED. 

2. Fiber optic tidak menggunakan listrik

Dedicated Internet tidak dapat terganggu ketika cuaca buruk dikarenakan teknologi fiber optic tidak menggunakan listrik sehingga tidak akan terdampak oleh gangguan elektromagnetik. Hal ini menyebabkan koneksi menjadi lebih stabil. 

Dengan adanya teknologi fiber optic pada dedicated internet maka Anda tidak perlu lagi khawatir akan kesulitan mengakses internet pada saat cuaca buruk terjadi. Salah satu penyedia layanan dedicated internet di Indonesia adalah Telkom. Telkom menghadirkan layanan ASTINet yang memiliki koneksi berkecepatan tinggi sehingga dapat menghubungkan bisnis Anda dengan dunia tanpa perlu khawatir terjeda saat cuaca sedang buruk. 

Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "Teknologi Fiber Optic, Lancarkan Dedicated Internet Saat Cuaca Buruk"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.