iklan space 728x90px

Apa Itu Bitcoin dan Cara Mendapatkannya


Bitcoin mulai terkenal semenjak 2014 silam. Mata uang virtual ini relatif fluktuatif sehingga menyebabkannya menjadi tren dan pilihan baru untuk bertransaksi di dunia internet. Hal ini dapat dianalogikan sebagai tambang emas atau logam mineral berharga yang lainnya. Namun sampai saat ini tidak sedikit orang yang belum mengetahui apa itu bitcoin?

Kini bitcoin semakin populer dan melambung seiring ramainya anak muda yang mulai melek akan investasi. Bitcoin pun kerap disebut sebagai alat investasi yang sanggup memberikan keuntungan tidak main-main. Keberadaan bitcoin untuk kawula muda yang ingin mencari keuntungan investasi ternyata cukup menarik. Namun, memang diperlukan skill yang cukup supaya Anda mengerti cara kerja bitcoin dan bagaimana bitcoin dapat menghasilkan uang. 

Bitcoin kian terkenal karena beberapa tokoh publik berbagi pengalaman mereka mengenai bitcoin sampai keuntungan yang mereka peroleh. Pilihan investasi ini cocok bagi Anda yang ingin mencoba pengalaman berinvestasi lain selain saham, reksadana, dll. Saat ini di Indonesia bitcoin cuma dimainkan oleh beberapa orang yang memang ingin mendulang keuntungan banyak bahkan diantara mereka pun mempunyai perangkat tersendiri untuk menambang bitcoin.

Pengertian Bitcoin

Bitcoin (BTC) merupakan mata uang virtual yang dikembangkan pada sekitar tahun 2009 dan diciptakan oleh seseorang yang menamakan diri Satoshi Nakamoto. Mata uang ini seperti halnya dolar, pound sterling, rupiah, maupun mata uang yang lainnya, namun hanya terdapat di dunia digital.

Bitcoin sebagai mata uang digital Cryptocurrency (kripto) bisa disimpan dan digunakan untuk kebutuhan transaksi digital. Mata uang kripto digadang-gadang sebagai aset digital yang nilainya dapat berubah dan naik. 

Sebagai suatu alat investasi, keberadaan mata uang kripto ini mesti disertai dengan profil risiko Anda bila Anda ingin melakukan investasi di Bitcoin. Bitcoin terbilang ke dalam investasi yang mempunyai risiko cukup tinggi dan harga bitcoin yang bergerak amat fluktuatif.

Cara Membeli Bitcoin

Mata uang digital Bitcoin ini dapat  disimpan pada komputer atau server cloud pribadi Anda. Dompet pada bitcoin seperti layaknya rekening bank virtual yang memungkinkan penggunanya bisa untuk melakukan transaksi. 

Ada pun untuk mendapatkan bitcoin bisa dilakukan dengan penambangan bitcoin. Tetapi penambangan bitcoin mempunyai persaingan yang relatif intens sehingga untuk memperolehnya pelu usaha yang amat keras. Anda mesti dapat menyelesaikan “puzzle” yang amat menantang guna bisa memperoleh bitcoin.

Selain dengan menambang bitcoin atau bitcoin miner dan transaksi antarpengguna, bitcoin dapat diperoleh dengan cara perdagangan, seperti di Pintu. Di sejumlah platform menjual bitcoin ini dengan harga tertentu. Bitcoin dapat diperjualbelikan sesuai dengan kurs yang sedang berlaku.

Aplikasi Pintu

Pintu adalah platform transaksi jual beli dan investasi aset kripto kepunyaan PT Pintu Kemana Saja. Perusahaan ini adalah perusahaan dari Indonesia yang berkiprah di sektor industri cryptocurrency dan blockchain.

Aplikasi Pintu secara resmi dirilis ke publik pada April 2020 silam dan mendapatkan sambutan baik dari masyarakat, khususnya yang tertarik pada trading bitcoin.  Beberapa aset kripto yang ada di Pintu, seperti Bitcoin (BTC), Ethereum to IDR (ETH), Tether (USDT), Compound (COMP), SushiSwap (SUSHI), Uniswap (UNI), Maker (MKR), Binance Coin (BNB),  dan masih banyak lagi.

Bila Anda tertarik untuk berinvestasi bitcoin, Anda harus daftar dengan mengunduh aplikasi Pintu terlebih dulu di Google Playstore atau Appstore. Lantas instal aplikasi di ponsel, maka Anda bisa melakukan pendaftaran untuk membuat akun. Setelah akun Anda terverifikasi, selanjutnya Anda dapat menggunakan layanannya seperti berinvestasi, mengirim, menyimpan, menjual, dan membeli berbagai aset kripto.

Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "Apa Itu Bitcoin dan Cara Mendapatkannya"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.