iklan space 728x90px

Pengertian Ekonomi Makro Dan Tujuannya


Ekonomi adalah salah satu ilmu yang sudah berkembang sejak zaman peradaban kuno dulu, mulai dari bentuknya yang sangat sederhana hingga berkembang menjadi lebih kompleks dan terstruktur seperti saat ini.

Membahas ilmu ekonomi memang membutuhkan banyak waktu karena memiliki cakupan yang sangat luas dan perkembangannya cukup cepat. Salah satu jenis ilmu ekonomi yang populer diperbincangkan di dunia perekonomian adalah ekonomi makro. Apa itu ekonomi makro? Yuk kenalan lebih jauh tentang ekonomi makro dengan menyimak penjelasan berikut ini !

1. Pengertian Ekonomi Makro

Sesuai namanya, pengertian ekonomi makro adalah ilmu yang mempelajari ekonomi secara keseluruhan. Ilmu ekonomi makro ini khusus mempelajari mengenai ekonomi dalam skala besar dan menyeluruh. 

Karena itu, ekonomi makro kerap digunakan sebagai instrument untuk melakukan analisa sekaligus merancang serangkaian target kebijakan yang berkaitan dengan inflasi, tenaga kerja, pertumbuhan ekonomi, serta keseimbangan neraca pembayaran yang berkelanjutan.

Ilmu ekonomi makro juga bisa dipakai untuk melakukan analisis terhadap produsen secara menyeluruh. Sementara bagi konsumen, ilmu ekonomi makro bisa digunakan untuk menganalisa mereka dalam konteks bagaimana mengalokasikan pendapatan untuk membeli produk barang atau menggunakan layanan jasa.

2. Tujuan Ekonomi Makro

Terdapat beberapa macam tujuan ekonomi makro yang akan mempengaruhi perekonomian suatu negara. Dimana setiap tujuan ekonomi makro tersebut ditujukan untuk memecahkan persoalan – persoalan yang muncul di suatu negara.  

Adapun beberapa tujuan dari pelaksanaannya kebijakan ekonomi makro adalah sebagai berikut :

• Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Ekonomi makro menghasilkan kebijakan yang bertujuan untuk mengatur penciptaan lapangan kerja. Dengan demikian, suatu negara dapat meminimalisir pengangguran. Hal itu karena angka pengangguran yang tinggi akan memberikan dampak buruk bagi suatu negara. Sebab, pada akhirnya tingkat pengangguran yang tinggi hanya akan menjadi beban bagi perekonomian suatu negara tersebut. 

• Membuat Produksi Dalam Negeri Yang Tinggi

Banyak atau sedikitnya kapasitas produksi di suatu negara sangat dipengaruhi oleh tinggi rendahnya jumlah investasi yang masuk ke suatu negara tersebut. Sementara jumlah investasi dipengaruhi oleh tingkat tabungan dalam negeri. 

• Membuat Kondisi Ekonomi Yang Stabil

Stabilitas ekonomi di suatu negara mencakup kestabilan harga barang, lapangan pekerjaan, dan tingkat pendapatan masyarakat. Tujuan pelaksanaan penerapan kebijakan ekonomi makro adalah untuk menstabilkan harga barang dan lapangan pekerjaan. Kondisi tersebut pada akhirnya akan membawa dampak baik bagi suatu negara.

• Membuat Neraca Pembayaran Seimbang

Sudah menjadi keniscayaan bahwa setiap negara tentu akan melakukan transaksi perdagangan dengan negara – negara lain. Pada akhirnya praktik tersebut juga akan memberikan pengaruh terhadap kondisi ekonomi negara tersebut, karena itu neraca pembayaran harus seimbang. Adapun beberapa komponen neraca pembayaran yang penting untuk diketahui antara lain lalu lintas moneter, transaksi berjalan, dan neraca perdagangan.

• Membuat Pendapatan Penduduk Yang Merata

Pembagian pendapatan penduduk yang merata bisa terjadi akibat dari pemerataan hasil olahan sumber daya alam dan manusia. Meratanya pembagian pendapatan penduduk tersebut diharapkan dapat meningkatkan tingkat konsumsi maupun daya beli masyarakat. Dengan demikian, akan terwujud kehidupan yang seimbang dan penuh damai tanpa adanya kerusuhan. 

Pelaksanaan kebijakan ekonomi makro memiliki tiga ruang lingkup utama antara lain penentuan tingkat kegiatan perekonomian negara, kebijakan pemerintah, dan pengeluaran agregat. Ilmu ekonomi makro juga mempelajari hal – hal yang berkaitan dengan inflasi dan deflasi, tingkat pengangguran, serta tersedianya lapangan kerja. 


Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "Pengertian Ekonomi Makro Dan Tujuannya "

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.