iklan space 728x90px

Metode Mind Mapping, Cara Efektif dan Praktis Atasi Kesulitan Memahami Materi Belajar


Metode mind mapping merupakan salah satu teknik pembelajaran yang cukup populer dalam dunia pendidikan. Mind mapping menunjang siswa dalam memahami materi belajar dengan lebih cepat. Demikian pula bagi guru, mind mapping dapat menjadikan materi pembelajaran disampaikan dengan cara yang sederhana, tetapi tetap dapat dipahami secara baik.

Pengertian Mind Mapping dan Manfaatnya

Mind mapping atau dalam bahasa indonesia disebut peta pikiran ialah metode pembelajaran menulis dengan cara kreatif untuk memudahkan para pembelajar dalam mengingat pengetahuan dan informasi yang sudah diperoleh, metode ini diciptakan oleh Tony Buzan.

Dalam prosesnya setelah tulisan selesai dibuat, catatan tulisan akan diringkas ke dalam bentuk gagasan utama yang saling berhubungan satu sama lain dimana gagasan utamanya ada di tengah dan sub utamanya sebagai cabang-cabangnya dihubungkan dengan garis.

Cabang dari sub topik tersebut dapat dikembangkan lagi menjadi lebih mendetail sampai yang terkecil. Ini dapat diumpamakan dengan cabang ranting yang terdapat pada pohon.

Manfaat dari Mind Mapping ini adalah dapat membantu seseorang dalam mengolah informasi konsep dan memahaminya dengan cara bertahap. Di samping itu mencatat pelajaran dengan model pembelajaran ini dapat dibuat dengan indah serta menarik. Hal ini dapat menjadikan seseorang bisa lebih cepat dipahami. Guru pun dapat memakai metode mind mapping ketika mengajar di dalam kelas. Ini akan menyebabkan materi belajar menjadi efektif dan praktis ketika disampaikan.

Ciri-ciri Metode Mind Mapping

Semula teknik pembelajaran mind mapping ini bersumber dari suatu riset para ilmuwan mengenai bagaimana caranya otak mengolah sekaligus memproses informasi pengetahuan. Pada permulaan penelitian, ilmuwan menduga kalau otak mengolah dan memproses informasi secara linier. Ini dapat diibaratkan seperti ketika menyimpan barang di dalam suatu gudang.

Namun, riset terakhir mendapatkan bahwa otak memperoleh informasi dengan cara mengkombinasikan antara bunyi, pikiran, gambar, aroma dan perasaan yang terbagi menjadi sebuah format linier. Ini dapat dicontohkan saat mengingat tulisan atau ceramah, otak dapat tersulut cuma dengan gambar, bunyi, warna, simbol, serta perasaan.

Oleh sebab itu guna dapat memperoleh mind mapping yang maksimal, maka pembuatan mind mapping hendaknya dipadukan dengan bentuk, warna, gambar serta simbol yang bagus dan indah.

Dengan proses berpikir Mind Mapping ini akan membuat anda dapat mengelompokkan pikiran seperti halnya ketika menyimpan sebuah barang pada tempatnya. Misalnya seperti buku ditempatkan menurut genrenya masing-masing. Ada buku sains, buku sosial, buku komik, dan lain-lain yang ditempatkan menurut kategorinya.

Metode mind mapping ini menyebabkan anda dapat beralih teori secara mudah. Lantaran prosedur pada mind mapping menyebabkan kinerja otak menjadi lebih praktis dalam menangani informasi yang masuk.

Memakai teknik mind mapping untuk proses belajar mengajar menyebabkan proses pembelajaran bisa berlangsung dengan efektif karena materi yang diajarkan lebih cepat dan mudah dipahami oleh peserta didik.

Kelebihan Metode Mind Mapping

Sebagai salah satu dari sekian banyak metode pembelajaran, mind mapping ini mempunyai berbagai kelebihan. Beberapa kelebihan memakai metode mind mapping dalam proses belajar mengajar, antara lain :

  • Menumbuhkan kekreatifan pembelajar dalam mengambil alih pengetahuan.
  • Pembelajaran menjadi lebih mengasyikan dan hidup.
  • Mengoptimalkan otak logika pada bagian kiri dan otak imajinasi pada sebelah kanan.
  • Membuat materi belajar yang sulit menjadi lebih mudah untuk dimengerti serta dikuasai.
  • Membuat aktivitas belajar lebih menyenangkan dan amat menghemat waktu.
  • Meningkatkan kemampuan pengelolaan memori, imajinasi, konsentrasi, dan informasi.
  •  Menambah kemampuan kita untuk mengingat sesuatu lebih lengkap dan rinci.

Mind mapping mempunyai mekanisme kerja yang cocok dengan cara kerjanya otak manusia.  Mencatat dengan mind mapping menyebabkan anda dapat mengingat materi lebih lama sebab anda mengetahui gambaran besarnya. Mind mapping mempermudah kita untuk mempelajari konsep materi. 

Meninggalkan cara konvensional dalam mencatat dan sedikit-sedikit berganti ke mind mapping akan menyebabkan proses pembelajaran menjadi lebih mengena dan praktis. Ini akan memberi keungtungan pada kedua belah pihak. Guru dapat dengan mudahnya menyampaikan materi belajar yang efektif. Sementara itu murid dapat lebih cepat dan mudah memahami materi pelajaran yang diterima.

Anda masih kesulitan memahami materi belajar atau kuliah? Anda mesti mencoba metode pembelajaran dengan mind mapping. Metode ini kerap digunakan dalam dunia edukasi sebab mempermudah seseorang dalam memahami sesuatu.

Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "Metode Mind Mapping, Cara Efektif dan Praktis Atasi Kesulitan Memahami Materi Belajar"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.