iklan space 728x90px

3 Aplikasi Screen Capture Desktop Gratis, Namun Powerfull


Ada banyak aplikasi perekam layar monitor atau aplikasi screen capture yang bersifat gratis dan banyak digunakan untuk desktop PC. Beberapa diantaranya adalah CamStudio, HyperCam, dan ActivePresenter.

Yuk kita tilik satu per satu aplikasi screen capture desktop PC berikut ini. Salah satunya mungkin akan Anda suka.

CamStudio

CamStudio adalah program sederhana untuk merekam aktivitas layar ke format AVI atau  SWF. Anda juga dapat merekam audio dari speaker atau mikrofon. Layar penjelasan memungkinkan Anda untuk menambahkan keterangan teks kustom dan callouts untuk film Anda.

Penjelasan tersebut harus disimpan sebagai tata letak sebelum perekaman dan dapat dipanggil dengan hotkey selama proses perekaman. CamStudio tidak menawarkan kemampuan editing sehingga film dan penjelasan harus direncanakan lebih matang sebelum Anda mulai merekam.

Film AVI berukuran cukup besar, tetapi dengan mengubah ke format Flash ukuran file jauh berkurang. Proses konversi ini agak lambat, tetapi umumnya berarti untuk pengurangan ukuran.

Jika kebutuhan Anda cukup mendasar, CamStudio adalah tool kecil yang berguna untuk merekam aktivitas layar dan audio dalam format AVI dan format SWF, dan gratis.

HyperCam

HyperCam adalah sebuah program perangkat lunak gratis yang membantu Anda untuk menangkap layar monitor desktop PC Anda dalam bentuk video AVI, menunjukkan gerakan kursor dan setiap gerakan yang terjadi pada desktop Anda.

Antarmuka yang sedikit canggih untuk pengguna komputer pemula. Penampilan keseluruhan sedikit ramai, oleh karena itu tidak mudah untuk menavigasi seperti yang diharapkan. Fungsi dasar setidaknya mudah digunakan, meskipun menghasilkan video kualitas variabel.

Pilihan Region memiliki kualitas yang baik, tapi kedua pilihan memiliki tingkat volume yang sangat rendah. Ada fitur tertentu, seperti dalam opsi AVI file, yang dimaksudkan untuk pengguna yang lebih berpengalaman, yang lagi-lagi tidak membuat pilihan ini baik untuk pengguna pemula.

ActivePresenter

ActivePresenter juga aplikasi untuk mengcapture aktivitas desktop dan menyimpan video dan narasi audio, tapi itu hanya awal dari apa yang dilakukannya. Cara lain untuk menggambarkan itu adalah sebagai tool gratis untuk membuat bahan e-learning, presentasi, screencasts, dan demonstrasi untuk pelatihan, pendidikan, presentasi bisnis, dukungan pelanggan, dan aplikasi yang serupa.

Aplikasi ini kompatibel dengan SCORM dan menangani berbagai jenis file. Versi gratis ActivePresenter berfungsi penuh. Hal ini juga tersedia dalam versi Standard dan Pro yang menambahkan fitur kompatibilitas dengan MS Office Word, informasi peristiwa, dan kemampuan untuk ekspor.

Antarmuka pengguna ActivePresenter itu dibuka dengan panduan cepat yang menawarkan enam pilihan membuka file yang ada atau New Capture dan Project di sisi kontrol, dan pilihan License, Support, Help.

Tata letak ActivePresenter menggabungkan unsur pengolah kata dan tool-tool grafis dalam tampilan dan tata letak, serta dengan banyak fitur yang unik, program khusus seperti Timeline dengan tampilan spektral audio yang kecil namun berguna.


Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "3 Aplikasi Screen Capture Desktop Gratis, Namun Powerfull"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.