iklan space 728x90px

Obat Sakit Gigi Anak yang Aman Dikonsumsi ala SehatQ


Anak-anak mudah terkena sakit gigi. Baik akibat giginya bolong ataupun bengkak gusinya. Hal ini tentunya menyebabkan Anda cemas sebab anak menjadi rewel dan enggan makan. Nah agar lekas sembuh, sebaiknya berikan obat sakit gigi untuk anak, baik obat sakit gigi anak dari apotek maupun yang alami di rumah.

Sakit gigi memang dapat mengenai siapa pun, entah orang dewasa ataupun anak-anak. Berlainan dengan orang dewasa, pemberian obat sakit gigi untuk anak-anak ini lebih memerlukan perhatian khusus dan jangan sembarangan.

Sakit gigi pada anak kebanyakan diakibatkan oleh adanya gigi berlubang ataupun sedang tumbuh gigi. Gejalanya yang umum seperti demam atau sakit kepala, gusi di sekitar gigi bengkak, gigi terasa nyeri dan berdenyut serta ngiler.

Anda atau orang tua bisa memberikan obat sakit gigi buat anak guna meringankan rasa nyeri yang dialami anak sebelum membawanya ke tempat layanan kesehatan atau dokter gigi terdekat.

Obat Sakit Gigi yang Aman untuk Anak

Bila anak sakit gigi, orang tua barangkali akan panik dan secepatnya mencari obat bebas untuk mengurangi rasa sakitnya. Menurut salah satu artikel kesehatan yang dimuat di laman SehatQ.com Anda dapat memberikan pada anak obat pereda nyeri, misalnya paracetamol, selaku obat sakit gigi bagi anak.

Akan tetapi pastikan bahwa dosis obat yang diberikan telah tepat dan selaras dengan usia atau berat badan anak tersebut. Jangan lupa untuk selalu membaca terlebih dulu aturan pakainya dengan teliti ketika akan memberikan obat sakit gigi kepada anak.

Anda tidak disarankan untuk memberikan obat pereda nyeri aspirin pada anak ataupun remaja. Pasalnya obat ini dapat menaikkan risiko timbulnya sindrom Reye. Sindrom ini dicirikan dengan adanya pembengkakan di hati dan otak.

Anda pun jangan memberikan obat sakit gigi yang memiliki kandungan benzocaine pada anak yang berada di bawah usia 2 tahun. Benzocaine bisa mengurangi asupan oksigen di dalam tubuh anak. Kekurangan oksigen ini bisa berdampak parah dan menyebabkan kematian.

Cara Meredakan Sakit Gigi pada Anak

Di samping memberikan obat sakit gigi pada anak dan membawanya ke dokter gigi, terdapat penanganan yang bisa dilakukan sendiri di rumah guna mengurangi sakit gigi anak, yakni:

  • Berkumur-kumur dengan memakai air hangat, bukannya air garam.
  • Membersihkan berbagai sisa-sisa makanan yang masih terselip diantara gigi geligi dengan memakai benang gigi.
  • Guna meredakan rasa nyeri, Anda dapat mencampurkan beberapa tetes minyak cengkeh bersama dua sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun. Setelah itu dioleskan ke gigi yang terasa sakit  memakai kapas. Anak diingatkan untuk tidak menelan minyak itu.
  • Memberikan kompres dingin pada pipi di bagian gigi yang terasa sakit. Suhu dingin bisa membantu meredakan nyeri.
  • Periksa apakah terjadi pembengkakan atau bisul di seputar gigi sebab bisa jadi hal ini mengindikasikan timbulnya abses gigi.

Sakit gigi pada anak dapat dicegah dengan cara menumbuhkan kebiasaan baik dalam memelihara kesehatan gigi dan mulut diantaranya:

  • Menggosok gigi selama dua menit dua kali sehari dengan menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride.
  • Membersihkan gigi sekali sehari dengan menggunakan benang gigi.
  • Mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi.
  • Teratur menjalani pemeriksaan ke dokter gigi, minimal 2 kali dalam setahun.
  • Apabila beragam perawatan tersebut di atas belum dapat menghilangkan sakit gigi anak, lekas periksakan anak ke dokter gigi guna memperoleh penanganan lebih lanjut.

Janganlah menunda-nunda untuk membawa anak ke dokter gigi bila sakit gigi yang ia rasakan nyeri ketika membuka mulut, nyeri telinga, semakin parah disertai deman atau tak lekas reda sesudah 2 hari.

Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "Obat Sakit Gigi Anak yang Aman Dikonsumsi ala SehatQ"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.