Cara Edit Foto Menjadi Seperti Kartun Melalui Web Tool, Mudah dan Gratis

Saat ini memotret dan mengedit foto menjadi aktivitas yang tak dapat dilepaskan dari para pengguna gadget. Dengan kian berkembangnya teknologi di ranah fotografi semuanya dapat dilakukan guna menghasilkan gambar yang menarik dan apik.

Salah satu yang hingga saat ini disukai adalah mengubah gambar atau foto biasa menjadi sebuah foto dengan efek kartun yang seakan-akan digambar oleh seorang kartunis (pembuat kartun) profesional. Mengedit foto menjadi gambar kartun memang sangat menarik dan unik karena walaupunn tidak realistis, tetapi tetap saja melukiskan wajah atau tubuh seseorang.


Cara Edit Foto Menjadi Kartun secara Online Melalui Web Tool

Cara edit foto menjadi seperti kartun tidaklah terlalu sulit. Anda dapat melakukannya dengan berbagai cara. Salah satunya ialah dengan cara online melalui website atau situs pengubah foto menjadi kartun.

Ada banyak website yang menawarkan mengubah foto menjadi kartun yang dapat ditemui di jagat maya. Namun Warta Iptek memilih 2 website berikut ini untuk dipergunakan. Pasalnya, kecuali gratis website ini pun mudah dalam pengoperasiannya.

Cartoonize.net
  1. Bukalah browser yang tersedia di laptop Anda. Bisa juga memakai browser yang telah ada di perangkat Android maupun iOS milik Anda.
  2. Masuklah ke website Cartoonize.net.
  3. Lalu unggahlah foto yang akan Anda ubah menjadi kartun dengan cara klik “Upload From Disk”. Pilih File dari gambar yang sudah Anda siapkan di dalam PC atau laptop. Tunggulah sampai proses unggahan selesai.
  4. Selanjutnya akan langsung terlihat hasilnya. Namun bila ingin mengubah ke efek yang lain, gulirlah ke bawah pada menu Pick and Effect. Pilihlah salah satu efek yang paling Anda sukai.
  5. Kemudian klik “Save” (1), pilihlah salah satu format gambar yang akan Anda unduh, yakni JPEG, PNG, atau JSON (2). Klik “Save” lagi (3), selesai.

Cartoon.pho.to
  1. Bukalah browser yang sudah tersedia di PC atau laptop Anda, bisa juga Anda memakai browser yang tersedia di ponsel pintar Android atau perangkat iOS.
  2. Masuklah ke website Cartoon.pho.to.
  3. Pada bagian “Select a photo”, pilihlah bagian “From disk” karena foto yang akan diunggah berasal dari media penyimpanan yang ada di dalam PC atau laptop.
  4. Centanglah pada kotak di depan bagian “Cartoon effect” dan biarkan saja bila sebelumnya ternyata telah tercentang.
  5. Gulir ke arah bawah, lantas klik bagian “Save and share”. Maka dalam waktu sesaat akan timbul dan terbuka sebuah Tab baru.
  6. Pada Tab baru tersebut silakan klik bagian “Download” maka file berupa gambar kartun akan segera terunduh, selesai.


Demikianlah dua website/situs yang dapat Anda pergunakan untuk mengedit foto jadi kartun secara online dan gratis. Dari kedua cara tersebut di atas manakah yang akan Anda pilih?

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :