iklan space 728x90px

Mp3tag, Edit Metadata dan Tag Format Audio Jadi Lebih Mudah


WartaIptek.com - Bila Anda gemar mengkoleksi file MP3, tentu saja Anda akan paham dengan tag yang ada dalam file terebut. Tapi ada kalanya tag file terebut hilang, atau tidak tertandai. Jadi saat file tersebut dimainkan pada perangkat audio, tidak ditampilkan rincian dengan benar.

mp3tag adalah editor tag universal yang gratis untuk Windows yang memungkinkan Anda mengedit metadata dan memajang gambar file audio. Mendukung sebagian besar format audio yang umum dan selain itu juga mendukung ID3v1, ID3v2.3, ID3v2.4, iTunes MP4, WMA, Vorbis Komentar dan APE Tag. 

Untuk mulai menjalankan perangkat lunak keren ini, Anda perlu menambahkan direktori untuk memuat track audio dan Anda bahkan dapat memilih direktori default yang harus diambil secara otomatis ketika Anda memulai program. Setelah daftar lagu yang akan diedit tersusun, putarlah lagu yang ingin Anda edit metadatanya.

Sekarang di menu sebelah kiri, Anda akan melihat beberapa bidang kosong yaitu Judul, Artis, Album, Tahun, Genre, Track, Komentar, Album Artis, Komposer dan lain-lain Anda dapat menambahkan rincian yang tepat dalam bidang-bidang yang tersedia dan kemudian klik save icon dari atas toolbar.

Software ini cukup mudah digunakan dan familiar, jadi Anda akan dapat mengedit metadata sebanyak lebih dari satu file sekaligus.

Fitur konversi benar-benar sangat berguna, tool ini mengijinkan Anda mengubah nama file berdasarkan informasi tag atau mengimpor informasi tag dari nama file. Adanya fitur ini berguna ketika file tersebut tidak benar namanya atau informasi tag yang tidak tepat. Lima mode konversi adalah sebagai berikut:
  • Tag-Filename: Mode ini memungkinkan Anda mengubah nama file dari tag informasi yang tersedia.
  • Filename-Tag: Mode ini adalah kebalikan dari sebelumnya karena memungkinkan Anda mengambil informasi tag dari nama file.
  • Filename-Filename: Mode ini bekerja sebagai alat mengubah nama, di bawah mode ini Anda dapat mengubah nama yang ada ke dalam format yang diinginkan.
  • Text File-Tag: Dengan mode ini Anda dapat mengambil informasi tag dari file teks yang sudah ada.
  • Tag-Tag : Mode ini memungkinkan Anda mendapatkan informasi dari tag-tag yang ada. 

Untuk menggunakan salah satu mode di atas, Anda perlu membuat sesuai aturan atau format string yang sama sekali tidak sulit. Program ini memiliki kemampuan built-in untuk mendapatkan metadata dari internet yang merupakan fitur berguna dan dapat menghemat waktu untuk mendapatkan rincian yang akurat. 

Mp3tag adalah tool yang hebat dan berguna. Fitur konversi mempunyai kemampuan pencarian web membuatnya lebih berguna. Jika Anda tertarik dengan aplikasi ini, bisa langsung mengunduhnya di http://www.mp3tag.de/en/

Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "Mp3tag, Edit Metadata dan Tag Format Audio Jadi Lebih Mudah"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.