Cara Menangkal Pop-Up Mengganggu Di Perangkat Android

WartaIPTEK.com - Cara Menangkal Pop-Up Mengganggu Di Perangkat Android - Pernahkah Anda sedang enak-enaknya berselancar lalu secara tiba-tiba muncul sebuah jendela pop-up yang berisi iklan? Tentunya hal tersebut tidak mengenakkan. Terlebih jika Anda tak sengaja menyentuh pop-up tersebut, karena Anda akan dibawa ke jendela baru menampilkan konten iklan. Bagi Anda yang sedang terkoneksi internet menggunakan jaringan 3G, maka hal tersebut dapat membebani kuota internet.

Pop-up yang mengganggu juga tak hanya muncul pada browser saja, melainkan juga pada bar notifikasi. Hal ini justru membuat banyak orang yang kaget karena biasanya pada bar notifikasi yang muncul adalah pesan terkait dengan aplikasi yang diinstal pada sistem saja. Jika Anda mengalami salah satu atau kedua hal di atas, maka dapat melakukan langkah-langkah di bawah ini.



Blok Secara Manual Dari Browser
Browser bawaan sistem atau Chrome memiliki penangkal untuk pop-up. Berikut adalah cara untuk melakukan pengaturan masing-masing:

Browser Bawaan
1. Buka browser kemudian tap ikon tiga titik di sudut kanan atas (tepat di samping kanah address, bar) lalu tap opsi Settings.
2. Lanjut dengan mengakses menu Advanced.
3. Di beberapa gadget, Anda harus mengakses submenu Content setting terlebih dahulu. Tetapi ada yang tak perlu dan carilah di bagian Page Content lalu pastikan opsi "Block pop-ups" tercentang. 

Chrome
  1. Tap ikon tiga titik di sisi kanan address bar lalu pilih opsi Settings>Site settings.
  2. Lihat pada bagian Pop-ups. Jika keterangannya adalah "Blocked" maka secara default pop-up telah diblok. Jika belum maka tap opsi tersebut dan geser slider ke kiri untuk mengaktifkannya.
Menginstal /Aplikasi Ad Blocker
AdBlock Plus merupakan salah satu laplikasi yang cukup ampuh untuk menangkal pop-up dan hal lain yang mengganggu kenyamanan aktifitas berselancar. Karena tidak tersedia di Play Store, silakan download dan instal di alamat adblockplus.org/android-install. Aplikasinya sangat mudah untuk digunakan. 

Tak hanya pop-up saja yang diblok, tetapi juga memberikan keamanan dengan menonaktifkan domain malware, tombol share jejaring sosial dan juga menonaktifkan proses pelacakan data. Lalu karena banyak website yang memerlukan ad sebagai sumber mata pencaharian, maka Anda dapat memberikan ijin bagi ad yang tidak mengganggu.

Mencarl Aplikasi yang Memlcu Pop-up
Hal ini khusus dilakukan bagi pop-up yang muncul pada bar notifikasi, karena pop-up semacam ini biasanya dibawa oleh aplikasi tertentu. Tak hanya kuota paket internet saja yang terancam, tetapi juga baterai Anda karena aplikasi tersebut akan selalu berjalan di background dan siap menampilkan po-up ketika terdapat hal baru.

Untuk itu terdapat 2 jalan untuk mengatasinya. Namun satu hal yang perlu dicatat adalah Anda harus mengetahui secara pasti aplikasi apa yang memicu adanya pop-up tersebut. Misalnya Anda menyadari bahwa aplikasi tersebut ternyata aplikasi yang terakhir diinstal. Atau pop-up menampilkan secara jelas nama aplikasi. Langkah pertama adalah menghapus aplikasi tersebut. Tetapi perlu ditinjau lagi apakah Anda masih memerlukannya atau tidak. Jalan kedua adalah menonaktifkan notifikasi yang ditimbulkan oleh aplikasi tersebut. Caranya akses menu tempat Anda menghapus aplikasi, lalu hilangkan centang opsi "Show notifications." 

Jalan kedua membuat Anda masih dapat menggunakan aplikasi, tetapi tidak untuk mendapatkan notifikasi darinya. Biasanya notifikasi seperti ini dibutuhkan ketika Anda bermain game, dan menunggu energi karakter pulih untuk dapat bermain lagi. Jika notifikasi dinon aktifkan, mau tak mau Anda harus mengecek secara manual dalam hal ini rnenjalankan game. Tetapi setidaknya Anda tidak akan diganggu lagi oleh pop-up pada bar notifikasi.

0 Response to "Cara Menangkal Pop-Up Mengganggu Di Perangkat Android"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.