Info Baru
Loading...

Berkat Prosesor Exynos 7420 Octa Core Kinerja Samsung Galaxy Note 5 Jadi Ngebut

WartaIPTEK.com - Reputasi Samsung di papan atas, salah satunya dipertaruhkan lewat Samsung Galaxy Note 5. Meski harganya dibandrol tinggi, Galaxy Note 5 ini menjadi buruan para gadget mania.

Desain & S-Pen
Desainnya begitu memesona, dengan paduan material logam dan kaca premium. Bodi belakang Note 5 unik, melengkung ke arah tepi sehingga terlihat eksotis. Pilihan warnanya beragam, ada Black Sapphire, White Pearl, Gold Platinum, dan Silver Titanium.

Seperti seri sebelumnya, Note 5 dibekali S-Pen sebagai alat eksekusi langsung ke layar. Ini memudahkan mereka yang suka membuat sketsa atau mencatat di layar ponsel. Stylus-nya juga begitu intuitif dipakai. Lewat Off Screen Memo, ide-ide dan informasi bisa dituliskan meski layar dalam keadaan tidak aktif (off screen), dan langsung tersimpan.

Enam menu pintasan sangat berguna, yaitu Action Memo, Smart Select, Screen Write, plus tiga menu lain yang bisa dipilih. Sebuah dokumen PDF bisa ditambahkan keterangan secara langsung, lalu disimpan kembali dalam bentuk PDF. Kita juga bisa menyimpan artikel web yang panjang hingga 22 halaman. Hasilnya bisa dibaca per halaman yang nyaman dibaca. Kabar slot S-Pen yang gampang rusak tidak sepenuhnya benar. Bahkan saat S-Pen sengaja dimasukkan terbalik, tak ada masalah. Bicara layar, kerapatannya yang mencapai 518 piksel, menjadi salah satu yang terbaik di pasaran. Tak heran, layarnya begitu tajam dan jernih.

Kinerja
Kinerja Galaxy Note 5 tak perlu dipertanyakan lagi. Sebanding dengan desainnya yang berkelas, kinerjanya yang ngebut didukung prosesor Exynos 7420 octa-core buatan Samsung sendiri.
Diuji dengan aplikasi Benchmark, hasilnya begitu tinggi yaitu 70780 (AnTuTu), 35179 (Quadrant), dan 59,9 fps (NenaMark 2). Dicoba langsung membuka berbagai fiturnya, terasa memuaskan. Browsing multi tab, streaming, dan gaming bisa berjalan sempurna. Tak ada gejala lag berarti.

Baterai Note 5 berbekal fitur Fast Charging yaitu pengisian baterai cepat, baik dengan kabel maupun nirkabel. Isi ulang lewat kabel, baterai terisi penuh dalam 90 menit. Sementara pengisian tanpa kabel (wireless charging), baterai terisi penuh dalam waktu 120 menit.

Kamera
Senada dengan kinerja dan desainnya, kamera Galaxy Note 5 Ini terasa mantap. Tak perlu kuatir gambar kurang tajam, meski memotret dengan beragam mode. Bahkan beberapa pemotretan di kondisi minim cahaya, hasilnya tetap apik.

Di luar ruang, foto lebih tajam tentu bisa didapat. Saturasi warna juga tetap terjaga dengan kecerahan yang baik, meski pemotretan dilakukan saat sore dengan mendung menggelayut. Urusan foto makro juga bisa diandalkan dengan detil gambar jelas dan menarik. Kamera depan 5 MP juga bagus untuk berfoto selfie. Tersedia fitur wide selfie agar area latar menjadi semakin luas.

Ada beragam mode video menarik, seperti slow motion dan fast motion. Video kreatif pun bisa dibuat dengan mudah. Fitur Video Collage Mode membuat pengguna dapat merekam dan mengedit video pendek dengan mudah. Lewat Note 5 ini bisa dibuat 4K Video dan Live Broadcast. Jadi kita bisa melakukan live stream Full HD Video langsung dari telepon melalui YouTube Live.

Multimedia
Audio dari speakernya terdengar renyah, asalkan volume tidak diatur maksimal karena musik dengan beat cepat bisa kehilangan detil suaranya. Dipakai menonton film, tampilannya begitu memukau dengan ketajaman yang pas dan tak menyilaukan. Mata tak cepat lelah meski menatap layar berlama-lama.

Daya Saing
Ditawarkan dengan harga banderol Rp 10 juta, ada tiga pesaingnya di pasaran, yaitu iPhone 616 GB, Sony Xperia Z3+, dan HTC One M9+. iPhone 616 GB lebih mungil dan ringan. Namun layar iPhone 6 16 GB jauh lebih kecil dari Note 5, hanya berteknologi IPS LCD dengan resolusi dan kerapatan yang kalah cukup jauh. Prosesornya hanya dual-core, dengan kamera 8 MP dan 1,2 MP. Serta minus Stylus di IPhone 6.

Sementara Sony Xperia Z3+ yang berkamera 5,1 MP dan 20,7 MP, juga lebih ringan dan lebih kecil. Tak ada Stylus di Z3+, resolusi layarnya lebih kecil dan belum Super AMOLED. Adapun HTC One M9+ beresolusi layar sama, dengan bobot lebih kecil dan ringan, serta baterai lebih kecil.

0 Response to "Berkat Prosesor Exynos 7420 Octa Core Kinerja Samsung Galaxy Note 5 Jadi Ngebut"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.