4 Cara Cepat Bikin Perangkat Android Gegas Kembali

WartaIPTEK.com - Ketika Anda baru membeli smartphone atau tablet Android, semuanya berjalan dengan lancar. Tetapi seiring berjalannya waktu, Anda merasa performanya semakin menurun. Seperti misalnya berpindah aplikasi memerlukan waktu, lalu perpindahan layar di homescreen juga terasa pelan.

Tak perlu cemas, cukup lakukan 4 hal di bawah ini saja. Menariknya Anda tak perlu bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Inilah 4 cara cepat bikin perangkat Android gegas kembali.

Hapus Aplikasi & File
Semakin banyak aplikasi yang diinstal di memori internal dan file yang disimpan di memori eksternal, maka performa Android dapat menurun. Dimulai dari memori internal terlebih dahulu, mengingat RAM akan memanfaatkan ruang kosong dari memori internal untuk membantu performa prosesor. Hal yang perlu Anda lakukan jelas meng-uninstal aplikasi tak terpakai. Ingat, tak hanya lemot saja, semakin sedikit kapasitas memori internal maka sistem akan sering restart.

 
Kemudian untuk memori eksternal, semakin minim kapasitasnya maka kecepatan Read dan Write akan berkurang. Jika terdapat instalasi aplikasi yang Anda pindahkan ke memori eksternal, maka proses pembacaan aplikasi akan berkurang, dan hal inilah yang menyebabkan terasa lemot. Oleh karena itu hapus foto, video dan file lainnya yang tak penting.

Sebagai contoh, Anda menggunakan microSD berkapasitas 32 GB, dan ternyata ketika kapasitasnya tinggal 4 GB, sistem terasa lemot. Tetapi setelah menghapus file hingga sisa kapasitas bertambah menjadi 6 GB, sistem terasa lancar. 

Buang Widget Tak Penting
Secara tampilan memang widget sangat menarik, karena dapat menampilkan informasi pada homescreen. Namun perlu diketahui, semakin banyak jumlahnya maka semakin membebani sistem. Pilih widget mana saja yang penting untuk "ditempel" pada homescreen. Coba Anda kurangi jumlahnya, maka dapat langsung terlihat perbedaannya.


Stop Aplikasi di Background
Jika Anda keluar dari aplikasi, bukan berarti aplikasi tersebut berhenti bekerja. Kemungkinan besar ia akan berjalan di background. Solusinya adalah menghentikan aplikasi bekerja, namun Anda harus mengerti dulu aplikasi apa saja yang membebani RAM.

Caranya akses Developer Options pada menu Settings. Jika belum terdapat Developer Options, akses Settings>About Phone>Tap Build number 7 kali. Kembali ke menu sebelumnya lalu akses Developer Options>Process Stats. Ditampilkan daftar dari aplikasi berikut berapa banyak jumlah RAM yang dikonsumsinya.

Jika Anda menyadari bahwa aplikasi tersebut boros RAM dan tak diperlukan berjalan di background, hentikan saja dengan menekan tombol Force Stop. Aplikasi yang dirasa tak perlu di background seperti game, atau stock keyboard (padahal Anda menggunakan aplikasi keyboard pihak ketiga).

Restart Android
Merupakan cara yang paling cepat dan mudah. Dengan melakukan restart, maka aktivitas aplikasi tak berguna akan berhenti, cache memori akan dibersihkan, dan semua berjalan lebih cepat. Namun Anda tak perlu melakukannya sering-sering, terlebih jika sudah melakukan 3 langkah sebelumnya di atas.

0 Response to "4 Cara Cepat Bikin Perangkat Android Gegas Kembali"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.