Mengenal Teknologi Layar Retina Display

WartaIPTEK.com - Pada saat dikenalkannya iPhone 4, Steve Jobs menjelaskan bahwa device tersebut nantinya bakal dilengkapi dengan apa yang Apple disebut sebagai Retina Display yang teknologinya kini masih digunakan hingga iPhone 6.

Namun apakah yang dimaksud dengan Retina Display dan apa keuntungan dari fitur tersebut yang bisa diambil oleh pengguna iPhone?

Jika ditanya apa itu retina Display? Jawabannya yaitu Retina Display merupakan istilah dari Apple untuk menyebut teknologi tampilan layar yang membuat mata manusia tidak bisa menatap pixels dalam tampilan layar.

Retina Display
Retina Display adalah sebuah teknologi layar yang menjadi keunggulan dari pioduk-rpduk  Apple. Teknologi ini membuat mata pengguna tidak bisa melihat pixel yang ada dalam sebuah layar. Hal ini tentu saja berimbas pada tampilan layar yang lebih jernih dan hidup.


Ketika Apple menyematkan teknologi ini pada iPhone 4, teknologi ini tidaklah terlalu dibicarakan. Baru ketika Apple meningkatkan kualitas Retina Display dan menerapkannya pada produk New iPad Mini Retina Display kembali terdengar. Beningnya layar dan tampilan beresolusi tinggi membuat teknologi ini semakin meningkatkan kualitas produk dari Apple.

Tidak aneh, jika kemudian Apple menerapkan teknologi pada produk-produk lainnya, seperti seri iPhone, seri iPod dan tentu saja seri iPad dan MacBook.


Tentang Teknologi Retina Display
Teknologi Retina Display bisa diterapkan pada perangkat yang memiliki kepadatan layar lebih dari 163 ppi. Dan produk-produk Apple umumnya memiliki kepadatan layar lebih dari 163 ppi. Katakanlah ada produk lain yang memiliki kepadatan layar namun teknologi Retina Display, tampilannya akan sangat beda dengan produk dari Apple yang memiliki teknologi ini. Karena menurut Apple, teknologi retina display merupakan teknologi yang tepat untuk retina mata.

Disebutkan sebelumnya jika teknologi retina display adalah tampilan gambar yang jernih. Bahkan, sebenarnya tampilannya tampak lebih natural. Selain kelebihan tersebut, ada juga kelebihan lain dari teknologi retina display. Kelebihan tersebut adalah tampilan layarnya yang lebih hidup. Teknologi ini juga sangat membantu penggunanya agar mata tidak cepat lelah dan beban mata menjadi berkurang.


Lantas, apakah teknologi Retina Display ini hanya dimiliki Apple? Sebenarnya teknologi ini bisa dikembangkan juga oleh vendor lain. Apple hanya melakukan branding sehingga jika ada vendor lain yang akan menerapkan teknologi ini tampaknya perlu menamakan sebutan lain.

Teknologi Retina Display sendiri sudah ditiru oleh vendor dari Tiongkok. Vendor tersebut menerapkan teknologi ini pada produk tablet mereka. Semacam duplikat New iPad Mini. Tampaknya tidak terlalu sulit untuk menerapkan teknologi ini. Karena faktor pendukung teknologi ini sebenarnya tidak rumit.

Untuk membuat sebuah perangkat dengan teknologi Retina Display, maka yang penting adalah kedalaman pixels yang cukup besar, rasio kontras yang tinggi yakni putih yang sangat terang serta warna hitam yang lebih gelap. Selain itu, layarnya juga harus mendukung teknologi IPS dan memiliki pelapis cahaya LED. Jika menilik faktor pendukung tersebut, tidak sulit tampaknya bagi vendor ternama lain untuk menerapkan teknologi ini.

Keunggulan Retina display
Keunggulan dari Retina Display atas semua display lainnya adalah resolusi lebih tinggi. Apple mengklaim bahwa resolusi tinggi layar mereka adalah melebihi mata kebanyakan orang dapat membedakan.

Retina Display memiliki jumlah pixel 4 kali lebih banyak ketimbang versi iPhone sebelumnya dalam ukuran layar yang sama. Jadi mudah dibayangkan bagaimana hasil gambar di layar iPhone 6 plus yang mempunyai 2 juta pixels lebih jika dibandingkan iPhone 5S yang memiliki layar 326 ppi dengan resolusi 1334x750 pixesl. Sangat jauh berbeda.

Retina Display kreasi Apple juga menjanjikan contrast ratio yang cukup signifikan. Perusahaan ini mengklaim bahwa iPhone 6 memiliki contrast ratio empat kali lebih tinggi dibandingkan versi iPhone pendahulunya. Sementara layar backlit LED berukuran 5.5 incinya juga mengadopsi teknologi In-Plane Switching (IPS) untuk meningkatkan sudut penglihatan dan menambah display warna. [Sinyal 216/XI/2015]

1 Response to "Mengenal Teknologi Layar Retina Display"

  1. cek yuk kak link kamii,, bisa repair iphone mu disini kakk => SERVICE MACBOOK IMAC MAC PRO IPHONE IPAD IPOD DI SEMARANG DEMAK UNGGARAN KENDAL Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda http://onsite.znotebookrepair.com

    ReplyDelete

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.