Info Baru
Loading...

Bom Hipersonik AHW (Advance Hypersonic Weapon)

WartaIPTEK.com - Komando Pertahanan Rudal dan Angkasa Angkatan Darat AS berhasil melakukan uji coba senjata berkecepatan hipersonik.

Keberhasilan uji coba senjata canggih yang disebut Advance Hypersonic Weapon (AHW) itu menjadikan AS sebagai negara yang memiliki kemampuan menghancurkan target di seluruh penjuru bumi dalam waktu kurang dari 1 jam.

AHW diluncurkan dari fasilitas penempatan rudal di Hawaii dengan target Kwajalein Atoll yang berjarak sekitar 4.000 km. Senjata itu diluncurkan menggunakan tiga roket pendorong untuk melakukan penjelajahan dan mencapai kecepatan hipersonik atau lima kali kecepatan suara setara 20.921,4 km/jam. Dalam kecepatan tersebut, panas yang ditimbulkan mencapai 1.926,6 derajat Celsius.


Chris Schulz, Mayor Angkatan Udara AS sekaligus manajer program DARPA HTV-2 dan doktor dalam bidang rekayasa ruang angkasa, mengatakan uji coba itu bertujuan mengumpulkan data tentang aerodinamika, navigasi, bimbingan, dan kontrol, serta teknologi perlindungan panas.

Departemen Pertahanan AS sendiri berencana menggunakan AHW untuk mengembangkan dan mendemonstrasikan teknologi senjata konvensional yang cepat untuk serangan global. Untuk proyek itu, Pentagon telah menginvestasikan dana sekitar US$240 juta (sekitar Rp230 miliar).

0 Response to "Bom Hipersonik AHW (Advance Hypersonic Weapon)"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.