Home » » Cara Ekstrak Teks dari Slide Presentasi PowerPoint

Cara Ekstrak Teks dari Slide Presentasi PowerPoint

Dipublikasikan oleh Maman Soleman


Warta IPTEK - Pada suatu ketika Anda berada di situasi ingin mengekstrak teks dari slide presentasi PowerPoint ke aplikasi lain seperti Word misalnya. Normalnya presentasi PowerPoint disimpan dalam format PPT. Tentunya orang yang menerima file perlu memiliki PowerPoint juga. Selain itu, ukuran file juga akan membengkak jika penggunaan grafis yang jumlahnya banyak. Lalu, bagaimana cara ekstrak teks dari slide presentasi PowerPoint?

Daripada mengirim keseluruhan file presentasi dengan ukuran yang besar, lebih baik Anda mengirim hanya konten teks saja dalam dokumen Word. Informasi yang terkandung di dalamnya masih tetap sama, selain itu ukurannya pun lebih kecil.

Berikut cara ekstrak teks dari slide presentasi PowerPoint:
  • Buka PowerPoint. Kemudian klik tab File di Ribbon. Pilih Export di sisi kiri halaman. 
  • Di dalam sebuah presentasi bisa saja terdapat file gambar, suara atau bahkan video. Oleh karena itu ukurannya bisa sampai puluhan atau bahkan ratusan MB. Untuk itu Anda perlu melakukan konversi file PPT ke file teks untuk mengurangi ukurannya.
  • Caranya adalah membuat handout. Dari penjelasannya sudah terlihat yakni menempatkan slide dan catatan dalam dokumen Word. Di halaman Export, klik opsi Create Handouts lalu klik Create Handouts.
  • Maka jendela Send to Microsoft Word akan muncul. Di sini pilih tipe layout halaman yang diinginkan. Dalam contoh ini misalnya dipilih opsi pertama, dimana nantinya teks akan ditampilkan di sisi dari slide. 
  • Klik OK untuk melakukan konversi. Setelah proses selesai hasilnya adalah sebuah file dokumen Word baru dengan semua slide dan teks. 


0 komentar:

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.

Internet

Tokoh

Teknologi

Komputer

Berita

Ilmu Pengetahuan

Elektronika

Gadget

Tips dan Trik