Home » » Standar Khusus untuk Data Center

Standar Khusus untuk Data Center

Dipublikasikan oleh Maman Soleman


Jika Anda memiliki baju atau buku, Anda tentu membutuhkan sebuah wadah berupa lemari untuk menampungnya. Begitu pula saat Anda menggunakan komputer. Diperlukan pula sebuah ruangan khusus tempat menyimpan server komputer dan juga perangkat jaringannya. Ruangan inilah yang disebut sebagai data center atau pusat data. Untuk mengamankan server ini, data center yang digunakan juga harus memenuhi standar khusus agar bisa digunakan sebagai sebuah pusat data. Standar yang paling utama tentu saja adalah sistem keamanan yang baik. Untuk menjaga komputer-komputer server ini tentu diperlukan keamanan yang terbaik agar server di dalamnya tetap aman. Pengaman itu biasanya akan dipasang berlapis, mulai dari penyediaan CCTV hingga petugas keamanan. 

Standar kedua yang harus dipenuhi saat mendirikan sebuah data center atau pusat data adalah pemilihan lokasi yang tepat. Lokasi penempatan data center tidak boleh berada di wilayah yang rawan terhadap bencana alam dan kerusuhan. Inilah yang menjadi hambatan utama dalam mendirikan sebuah data center di Indonesia. Lokasi di Indonesia yang rawan diterjang bencana alam membuat para pendirinya harus berpikir keras untuk mengatasi masalah ini. Karena itulah, data center dibangun di tempat-tempat dengan kemungkinan bencana alam yang minim. Sejauh ini, data center di Indonesia terletak di Kota Bogor. Ada pula beberapa data center yang dibangun di luar Jawa seperti di Bali misalnya. Pemilihan lokasi yang tepat akan sangat mempengaruhi kinerjanya. 

Sebagai sebuah tempat yang memiliki peran vital, data center tidak bisa sembarangan dibuat. Ada beberapa persyaratan dan standar yang ditetapkan dalam mendirikan sebuah data center. Standar-standar ini dibuat tak lain untuk mengamankan data dalam server komputer yang disimpan di dalam pusat data. Meskipun lokasi Indonesia yang sangat rawan untuk didirikan sebuah data center, namun kini data center sudah banyak dibuat. Tujuannya untuk mengamankan server dan perangkat jaringannya agar selalu aman. Yang paling penting, data center ini harus selalu bisa diakses. 


0 komentar:

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.

Internet

Tokoh

Teknologi

Komputer

Berita

Ilmu Pengetahuan

Elektronika

Gadget

Tips dan Trik