Home » » Cara Meningkatkan Kualitas Audio Secara Signifikan di Perangkat Android

Cara Meningkatkan Kualitas Audio Secara Signifikan di Perangkat Android

Dipublikasikan oleh Maman Soleman

Cara Meningkatkan Kualitas Audio Secara Signifikan di Perangkat Android - Salah satu aktifitas yang sering Anda lakukan dengan smartphone atau tablet Android adalah mendengarkan musik. Tentunya akan lebih nyaman jika kualitas audio dari musik yang didengarkan bass-nya terasa tebal, atau treble-nya terasa "cring-cring." Beberapa player musik seperti PowerAmp, Player Pro, dan juga Play Music membawa equalizer sendiri untuk meningkatkan kualitas audio.

Equalizer bawaan dari player musik tentunya hanya bekerja jika Anda mendengarkan file musik yang tersimpan dl gadget. Padahal saat ini terdapat beberapa layanan penyedia streaming musik. Jika Anda mendengarkan melalui layanan seperti itu, tentunya kualitas audio akan terdengar standar karena musik tidak diputar melalui player musik.

Untuk itu, diperlukan bantuan aplikasi pihak ketiga yang membawa fungsi meningkatkan kualitas audio pada sistem Android secara global. Maksudnya di sini adalah setiap musik yang Anda diperdengarkan melalui gadget, maka akan diolah melalui aplikasi tersebut sehingga kualitasnya ditingkatkan. Entah itu Anda mendengarkan musik secara streaming, atau melalui player musik.

Tetapi ada hal yang perlu diperhatikan di sini. Pertama adalah nonaktifkan equalizer dari player musik agar tidak bentrok dengan aplikasi pemrosesan audio. Kedua jika gadget Anda dibekali dengan teknologi pemrosesan audio sendiri (misalnya dibekali dengan DTS Audio), maka juga harus dinonaktifkan. Selain itu, pastikan juga Anda menggunakan headphone, earphone, atau In Ear Monitor yang kualitasnya juga baik agar kualitas audio yang sampai ke telinga juga maksimal.

Di sini terdapat dua aplikasi pemrosesan audio yang akan dibahas, satu tak memerlukan hak akses root, sedangkan satunya lagi memerlukannya.

Noozxoide ElZO-Rewire PRO (Non-Root)

Dari namanya terdengar gagah sekali bukan? Walaupun ada kata "PRO" tetapi aplikasi ini gratis untuk didownload.
  • Agar Anda dapat mendengar langsung perbedaannya, langsung putar musik di gadget.
  • Kemudian jalankan aplikasi Noozxoide dan terdapat tiga buah opsi pada menu utama. Masing-masing opsi membawa pengaturan untuk kebutuhan berbeda. Line-out untuk headphone atau speaker.  Built-in untuk onboard speaker atau HDMI-Out. Wireless untuk headphone atau speaker Bluetooth. Jika Anda gemar mendengarkan musik dengan headphone, maka pilih pengaturan di bagian Line-out.
  • Centang opsi "Deliver balanced natural sound" agar pemrosesan audio aktif. Di sini Anda sudah dapat mendengar adanya perbedaan dalam kualitas audio.
  • Aplikasi ini tidak dengan equaizer, oleh karena itu tidak tersedia pengaturan preset berdasarkan genre musik, melainkan preset berdasarkan library aplikasi yang lebih advans. Tap bagian "Digital Presets" dan langsung coba sendiri preset mana yang cocok di telinga.
  • Kembali ke layar sebelumnya, Anda dapat melakukan pengaturan pada fitur-fitur yang dibawa oleh Noozxoide seperti VE-Engine (Volume Enhancer) serta Virtual Sound berikut kekuatan efeknya (Effect Strength).
  • Ketika aplikasi Noozxoide aktif, maka di status bar akan muncul notifikasinya. Selama notifikasi muncul, maka aplikasi akan selalu memproses audio melewatinya. Tak terdapat tombol Stop atau Exit untuk keluar dari aplikasi. Oleh karena itu jika Anda sudah tidak ingin menggunakannya, tap notifikasinya, lalu pilih Force stop. 


Viper4Android (Root)

Viper4Android merupakan salah satu aplikasi pemrosesan audio yang mampu meningkatan kualitas audio dengan sangat signifikan. Beberapa custom ROM bahkan sudah menyematkan aplikasi ini secara default karena kuatitasnya yang dapat memanjakan telinga. Yang perlu dicatat adatah setidaknya diperlukan smartphone atau tablet dengan prosesor dual core dan RAM 1 GB agar aplikasi berjalan optimal.

Diperlukan akses root untuk menginstalnya karena Viper4Android akan menempatkan library audio khusus dan driver agar ia dapat berjalan.
  • Saat pertama kali menjalankan Viper4Android, berikan hak akses root. Selanjutnya Anda diminta untuk menginstal driver dan melakukan proses restart. 
  • Kemudian pilih preferensi audio yang ditawarkan. Sebagai saran pilih "Super Audio Quality." 
  • Setelah pengaturan dilakukan, maka aplikasi akan berjalan di background dan secara otomatis aktif ketika Anda memutar file audio. Ditampilkan notifikasi di status bar menginformasikan bahwa Viper4Android sudah aktif.
  • Anda dapat melakukan pengaturan audio untuk speaker, headphone dan speaker Bluetooth dengan berbagai equalizer dan preset. Silakan Anda atur masing-masing parameter yang ada sehingga pas dengan kenyamanan di telinga.


2 komentar:

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.

Internet

Tokoh

Teknologi

Komputer

Berita

Ilmu Pengetahuan

Elektronika

Gadget

Tips dan Trik