Info Baru
Loading...

Inilah 10 Perintah RUN yang Bermanfaat Bagi Pengguna OS Windows


WartaIptek.com - Pengguna Windows pasti paham dengan beberapa command prompt. Tetapi sebagian besar pengguna Windows sekarang kurang begitu banyak yang menggunakan perintah ini, padahal kotak Run telah disediakan oleh Windows.

Sebagian besar pengguna yang menggunakan fitur run pada Windows, biasanya digunakan untuk menjalankan command prompt dengan mengetikkan cmd.

Perintah Run digunakan untuk langsung membuka aplikasi atau dokumen. Ini berfungsi kurang lebih seperti single-line command line interface. Dibawah ini adalah beberapa perintah RUN yang berguna bagi Anda.

1. chkdsk
CHKDSK (singkatan dan "check disk") adalah sistem tool dalam DOS, OS / 2 dan Windows. Memverifikasi file sistem integritas pada hard disk atau floppy disk dan perbaikan kesalahan file
logic sistem. Hal ini mirip dengan perintah fsck di Unix.

2. compmgmt.msc
Microsoft Management Console (MMC) adalah komponen dari Windows 2000 dan penerusnya yang menyediakan sistem administrator dan antarmuka pengguna canggih untuk mengkonfigurasi dan memantau sistem. Berguna untuk memantau status komputer.

3. devmgmt.msc
Device Manager adalah applet Control Panel di Microsoft Windows sistem operasi. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melihat dan mengontrol perangkat keras yang melekat pada komputer. Ketika hardware tidak bekerja, hardware yang bermasalah akan disorot, jadi pengguna bisa menanganinya. Daftar hardware dapat diurutkan berdasarkan berbagai kriteria.

4. dxdiag
DxDiag (DirectX Diagnostics) ialah tool diagnostik yang dipergunakan untuk menguji fungsi DirectX dan memecahkah masalah terkait dengan video atau perangkat keras suara. DirectX Diagnostic bisa menyimpan file teks bersama hasil scan.

Beberapa file ini kerap diposting di forum atau dilampirkan guna mendukung ide personal yang lebih baik. Jadi postingan file ini kelak dapat diselesaikan bersama-sama di dalam sebuah forum. 

5. cleanmgr
Bisa jadi baik jika PC Anda tetap bersih. Dengan menjalankan tool ini, Anda dapat membersihkan beberapa sampah atau file cache untuk membuat beberapa ruang bebas pada sistem. 

6. dfrgui
Disk Defragmenter merupakan utilitas di Microsoft Windows yang didesain untuk menambah kecepatan akses dengan cara menata ulang file yang tersimpan pada disk sehingga menempati tempat penyimpanan yang berdekatan. Teknik ini disebut defragmentasi. Defragmenting disk meminimalkan perjalanan head sehingga mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membaca dan menulis file ke disk. Berawal dari Windows XP , Disk Defragmenter juga mengurangi sistem saat startup. 

7. diskmgmr.msc atau diskpart
Logical Disk Manager (LDM) merupakan implementasi dari manajer volume logis untuk Microsoft Windows NT, yang dikembangkan oleh Microsoft dan Veritas Software. Saat itu diperkenalkan dengan sistem operasi Windows 2000 dan didukung pada Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8 berbasis MMC Disk snap-in Manaje-rnen (diskmgmt.msc) host Logical Disk Manager. Pada Windows 8 dan Windows Server 2012, LDM telah mendukung Storage Spaces.

8. secpol.msc
Sebuah  kebijakan keamanan berupa kombinasi dari pengaturan keamanan yang mempengaruhi keamanan pada komputer. Anda dapat menggunakan kebijakan kemanan lokal untuk mengedit kebijakan akun dan kebijakan lokal pada komputer lokal.

Dengan kebijakan keamanan lokal, Anda dapat mengontrol:
  • Siapa yang mengakses komputer Anda
  • Apa saja yang menggunakan resouce
  • Apakah masuk dalam kelompok atau bukan yang tindakannya dicatat dalam acara log.

9. perfmon
Performance Monitor adalah tool visualisasi sederhana namun kuat untuk melihat data kinerja, baik secara real time dan dari file log. Dengan itu Anda dapat memeriksa kinerja data dalam grafik, histogram, atau laporan. 

10. gpedit.msc
Group Policy adalah fitur dari Microsoft Windows NT keluarga sistem operasi yang mengontrol lingkungan kerja account pengguna dan komputer account. Group Policy menyediakan manajemen terpusat serta konfigurasi sistem operasi, aplikasi, dan pengaturan pengguna dalam lingkungan Active Directory.

Sebenarnya bisa disimpulkan bahwa 10 perintah RUN pada Windows belum mencakup semua fungsi dari Windows itu sendiri. Tetapi dari semua perintah itu, 10 perintah di atas adalah yang cukup penting untuk sistem operasi Windows.

0 Response to "Inilah 10 Perintah RUN yang Bermanfaat Bagi Pengguna OS Windows"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.