Home » , » Ini Dia 4 Situs Penyunting Foto dan Gambar Gratisan

Ini Dia 4 Situs Penyunting Foto dan Gambar Gratisan

Dipublikasikan oleh Maman Soleman


Warta IPTEK - Sampai saat ini Photoshop memang masih menjadi aplikasi penyunting foto dan gambar paling digemari dan populer. Banyak yang mernakai aplikasi ini, baik versi legal rnaupun ilegal. Namun, jika Anda terkendala dengan masalah biaya karena Photoshop memang adalah aplikasi berbayar, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi gratisan yang akan disajikan berikut ini tanpa harus repot merogoh kocek dalam-dalam.

Semua aplikasi penyunting foto dan gambar gratisan yang akan diulas berikut ini bisa Anda gunakan hanya dengan berbekal internet saja. Tapi tentu saja, fitur-fitur yang dimilikinya pasti tidak sebanding dengan Photoshop atau aplikasi editor gambar atau foto berbayar lainnya yang ada di pasaran. Tapi paling tidak Anda bisa memanfaatkan beberapa tool-tool yang ada untuk editing sederhana.

Dan karena aplikasi ini berbasis pada internet, maka selain Anda bisa melakukan edting terhadap gambar/foto yang ada di PC atau laptop Anda, Andapun juga bisa menyunting foto-foto Anda yang ada di jejaring sosial, seperti Photobucket, Facebook, MySpace, Picasa, serta Flickr.



PIXLR.COM
Aplikasi ini bisa dibilang tool-toolnya paling banyak dibandingkan dengan aplikasi gratisan internet lainnya. Anda bisa menggunakannya langsung tanpa harus melakukan registrasi yang berbelit.
Tampilannya lumayan menarik dan mudah dioperasikan oleh pemula. Di dalamnya juga berisi ratusan efek-efek yang bisa Anda peroleh secara instan. Tool-toolnya yang ada di sisi kiri juga mirip Photoshop. Demikian juga dengan menu-menunya yang ada di sisi atas. Bahkan dengan urutan yang mirip dengan Photoshop juga. Aplikasi ini sangat cocok baik bagi pemula rnaupun kelas expert yang butuh editing ringan dan cepat.

PICMONKEY.COM
Picmonkey menyajikan sebuah tampilan awal yang lebih interaktif. Anda juga tidak butuh registrasi untuk menggunkannya. Tapi jika Anda ingin menghapus iklan-iklan yang ada, maka Anda tetap harus mendaftarkan diri dan untuk mengaktifkan fitur tertentu Anda tetap harus membayar.

Tepat di bagian atas pada menu utama, Anda akan temui 4 fungsi utama yang bisa langsung Anda akses. Meliputi:
  • Edit: menyunting foto atau gambar dengan efek-efek tertentu serta tool-tool sederhana mulai dari crop, canvas color, rotate, exposure, sharpen, resize, color, serta fitur-fitur tambahan seperti menyelipkan teks, dan lain-lain.
  • Touch Up : di menu ini Anda bisa melakukan editing sederhana untuk mempercantik wajah atau menghaluskan beberapa bagian tertentu dari wajah. Di sini Anda bisa banyak temui tool-tool bagus untuk mempercantik serta memperhalus bagian rambut, pipi, dahi, mulut, hingga gigi, dan lain-lain.
  • Design : sub menu lebih cocok bagi Anda yang suka membuat banner, kartu ucapan, undangan, dan lain-lain. Di mana Anda akan disediakan beberapa ukuran kanvas yang cocok dan bisa Anda pilih sendiri.
  • Cottage: di seksi ini, Anda bisa membuat kanvas-kanvas menarik dengan beberapa gambar yang dijadikan satu.

  • FOTOFLEXER.COM
    Situs menyediakan aplikasi yang terpisah dari beberapa menu mulai dari effect, font, doodle, shape, distortion, retouch, layer, dan menu advance. Hanya saja buat Anda yang ingin menggunakan aplikasi ini, pastikan koneksi internet Anda cukup bagus. Karena transisi dari setiap menu membutuhkan waktu loading yang lebih lama dari aplikasi lainnya. Dan ketika Anda melakukan open file, maka situs ini akan meng-uploadnya dulu dengan waktu yang lumayan lama, tergantung dari besarnya file yang akan Anda edit.

    Tapi meski begitu, aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk mengedit sampai kepada hal-hal terkecil mulai dari mengubah warna rambut, kulit, menghilangkan noda, dan masih banyak lagi.

    LUNAPIC.COM
    Seperti halnya fotoflexer, aplikasi ini memerlukan waktu transisi yang lebih lama. Karena setiap foto yang akan Anda edit akan memakai sistem upload. Yang lama tidaknya tergantung dari besar kecilnya file.

    Di tampilan awal, Anda langsung akan melihat beberapa menu standar seperti file, edit, adjust, draw, border, filter, effect, serta animation. Animasi (animation)? Yap, inilah fitur yang tidak dimiliki oleh teman-temannya sesama aplikasi gratisan via internet. Anda bisa menambahkan fitur animasi dengan puluhan efek-efek yang keren.

    Anda pun bisa membuat slideshow dengan aplikasi ini dan lunapic dilengkapi juga dengan video tutorial lengkap yang akan memudahkan Anda untuk menggunakannya. 


0 komentar:

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.

Internet

Tokoh

Teknologi

Komputer

Berita

Ilmu Pengetahuan

Elektronika

Gadget

Tips dan Trik