Home » » Rahasia Terbang Mundur Burung Kolibri Terungkap

Rahasia Terbang Mundur Burung Kolibri Terungkap

Dipublikasikan oleh Maman Soleman


Warta IPTEK - Meskipun burung kolibri secara rutin melakukan terbang mundur, hal itu belum pernah dijelaskan rinci secara ilmiah. Peneliti dari Universitas California, Amerika Serikat, Dr. Nir Sapir dan Robert Dudley merekam biomekanik cara terbang burung tersebut dengan menggunakan kamera kecepatan tinggi dan serapan oksigen.

Mereka menemukan terbang mundur burung kolibri menggunakan energi dengan jumlah yang sama untuk terbang maju. Terbang mundur sering digunakan anggota keluarga burung kolibri saat mereka selesai mengisap nektar dari bunga. Dr. Sapir memperhatikan hal itu pada saat pengamatan burung kolibri ketika mencari makan.

"Saya benar-benar melihat hal itu terjadi pada saat burung kolibri selesai mengisap madu dari umpan yang ditaruh di balkon saya. Banyak burung jenis kolibri melakukan hal seperti ini (terbang mundur). Hal ini membingungkan saya bahwa kita sama sekali tidak mengetahui gaya penerbangan seperti ini."

Untuk memahami lebih lanjut tipe penerbangan itu, Dr. Sapir dan Robert Dudley merancang sebuah penelitian menggunakan tabung suntikan yang diisi dengan sukrosa yang disamarkan seperti bunga yang ditaruh dalam saluran udara.

Lima ekor burung kolibri anna (Calypte anna) peliharaan diberi makan secara individu dari tabung suntikan, sedangkan aliran udara dalam saluran angin diaktifkan dan arah tabung suntikan diubah. Kamera kecepatan tinggi menangkap pergerakan mereka.

Para peneliti melihat seberapa banyak oksigen yang dibutuhkan burung kolibri, postur tubuh, dan kepakan sayap pada saat mereka terbang maju, mundur, atau melayang.

Menurut Dr. Sapir penemuan paling penting dari penelitian tersebut ialah terbang mundur menggunakan jumlah energi yang sama dengan terbang maju, keduanya lebih efisien daripada melayang. "Hal ini diketahui dengan menggunakan masker respirator untuk mengukur laju konsumsi oksigen selama makan. Penemuan ini sangat menarik karena kami menduga bahwa terbang mundur akan membutuhkan metabolisme yang lebih besar," jelas Dr. Sapir. 

Ia melanjutkan, "Pada saat terbang mundur, postur tubuh burung lebih tegak. Kami menduga tubuh burung akan mengalami hambatan yang jauh lebih tinggi dan bahwa burung akan perlu lebih banyak gerak untuk melewati hambatan ini." 

Investigasi lebih lanjut menggunakan model seukuran aslinya menunjukkan hambatan selama penerbangan mundur hanya sedikit lebih besar daripada ketika burung terbang maju. Hal ini mungkin karena gerak hambatan relatif diabaikan pada penerbangan dalam kecepatan udara yang relatif lambat, seperti yang mengarakterisasikan penerbangan mundur.


0 komentar:

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.

Internet

Tokoh

Teknologi

Komputer

Berita

Ilmu Pengetahuan

Elektronika

Gadget

Tips dan Trik