Home » » Cara Mencari File yang Dikirim Via Bluetooth di Perangkat Windows Phone

Cara Mencari File yang Dikirim Via Bluetooth di Perangkat Windows Phone

Dipublikasikan oleh Maman Soleman

Bluetooth masih menjadi andalan untuk mengirim file antar gadget dengan mudah, cepat dan tentunya tanpa kabel. Pada Windows Phone, ternyata Microsoft memberikan lokasi penyimpanan yang berbeda untuk tiap file yang dikirim via Bluetooth. Oleh karena itu tidak mudah, khususnya bagi pengguna baru Windows Phone, untuk mencari file yang telah diterima.

Maksudnya di sini adalah jika Anda menerima file dengan jenis berbeda, maka lokasi penyimpanannya pun juga akan berbeda. Bandingkan hal ini dengan OS Android dimana semua file yang diterima akan disimpan pada folder Bluetooth. Untuk itu, berikut adalah cara untuk mencari semua file yang diterima melalui transfer Bluetooth di perangkat Windows Phone.


Kirim File Via Bluetooh dari Ponsel ke PC/Laptop - © www.majalahtutorial.com

File Gambar

Jenis file ini merupakan yang sering dikirimkan, apalagi jika teman sering mengambil foto dan Anda memintanya. Untuk file foto atau gambar, Anda tentu sudah dapat memprediksinya karena kemungkinan besar file akan disimpan pada aplikasi Photos, dan memang benar.
  • Tap aplikasi Photos pada daftar aplikasi.
  • Untuk mencari foto atau gambar yang baru dikirimkan, tap opsi albums.
  • Di dalam folder albums, Anda akan menemukan sebuah subfolder dengan nama "Saved Pictures." Tap saja untuk membukanya.
  • Di sinilah lokasi dimana Anda dapat menemukan semua file foto atau gambar yang diterima via Bluetooth, termasuk yang di-share melalui aplikasi perpesanan seperti WhatsApp.
  • Jika Anda ingin menjelajahi media penyimpanan Windows Phone dari PC secara manual, maka direktori penyimpanan gambar adalah Pictures>Saved Pictures, baik itu di memori internal atau SD card (jika smartphone Anda memiliki SD card yang menjadi lokasi default untuk menyimpan gambar).

File Video

Mengirim file video melalui Bluetooth sebenarnya tidak praktis, mengingat ukuran file yang besar membuat durasi pengiriman lebih lama. Namun hal ini tidak menghalangi seseorang untuk mengirim.

Jika Anda menerima file kiriman video melalui Bluetooth, maka lokasi penyimpanannya sama seperti ketika Anda menerima kiriman file gambar, yakni subfolder Saved Pictures pada aplikasi Photos. Sebenarnya hal ini cukup membingungkan karena file video seharusnya disimpan pada aplikasi Music+Videos.
  • Jika Anda menerima musik via Bluetooth, maka buka aplikasi Music+Videos.
  • Kemudian sesuai dengan format file yang dikirim, pilih music.
  • Anda akan melihat semua file musik yang diterima di dalamnya, berdampingan dengan file musik yang sebelumnya telah tersedia pada Windows Phone.
  • Alternatif lainnya adalah sapukan layar hingga ke sisi paling kiri hingga Anda menemukan layar new. Di bagian atas akan ditampilkan daftar album berisi (beberapa) file yang telah diterima, Yang perlu Anda lakukan adalah tap saja dan Windows Phone secara langsung akan memutar file tersebut.
  • Jika Anda ingin menjelajahi memory internal atau SD card dari Windows Phone secara manual untuk mencari file musik yang telah dikirim. Maka akses direktori Windows Phone>Phone>Music>Nama Artis>Nama Album.

File Dokumen

 Tentu file yang dikirim via Bluetooth tak hanya foto, musik dan video saja, bukan? Lalu bagaimana jika file dokumen Office? 
  • Langsung saja akses aplikasi Office.
  • Kemudian pilih phone. Di sinilah lokasi semua file dokumen yang diterima via pengiriman dengan koneksi Bluetooth.
  • Jika diakses secara manual melalui PC, maka file dokumen akan disimpan pada direktori Windows Phone>Phone>Documents.

File Lainnya

Bagaimana jika jenis file yang Anda terima di luar dari yang sudah dibahas di atas? Apalagi tak semua file yang diterima dikenali oleh Windows Phone dan Anda tidak menginstal aplikasi yang berguna untuk membuka file tersebut. Sebagai contoh jika Anda menerima file PDF dan tidak menginstal aplikasi PDF reader, maka jelas Windows Phone tidak dapat membuka file tersebut. Oleh karena itu pastikan Anda sudah menginstal aplikasi yang dibutuhkan.

Yang perlu dicatat adalah jika file yang diterima benar-benar tidak termasuk yang telah dibahas di atas, maka Anda tidak dapat mencarinya di memori internal atau SD card.


0 komentar:

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.

Internet

Tokoh

Teknologi

Komputer

Berita

Ilmu Pengetahuan

Elektronika

Gadget

Tips dan Trik